Tanggal Kirim: 20 September 2008 14:22:21
Nama : Hendry Naldi
Lokasi : sido mulyo tuban, jawa timur
Pertanyaan
assalamu'alaikum Wr Wb.
Bapak pengasuh yang terhormat...saya seorang karyawan diperusahaan asing di
kalimantan, pada setiap HUT Kemerdekaan RI di perusahaan kami selalu mengadakan
acara 17- an dan Door Price salah satunya,hadiahnya lumayan besarlah dari
lemari es sampai dengan sepeda motor.dan yang mau kami tanyakan adakah zakat
untuk hadiah ( Door Price ) yang kami terima?terima kasih. Wassalam
Jawaban
Hendry Naldi Yth
1). Jika sumber hibah tidak diduga - duga maka zakat yang dikeluarkan sebesar
20%.

2). Jika sumber hibah sudah diduga dan diharapkan, maka hadiah atau doorprice
tersebut digabungkan dengan kekayaan yang ada, zakat yang dikeluarkan hanya
sebesar 2.5%.

Demikian, Wallahu A'lam

Tanggal Kirim: 20 September 2008 10:46:01
Nama : Vidi Ardyanto
Lokasi : Rangkah Surabaya, Jawa Timur
Pertanyaan
Assalamu'alaikum Wr.Wb

Pak Ustadz, saya mau tanya masalah zakat yg harus saya bayar di kondisi saya
saat ini.
Orang Tua saya punya hutang sekitar
100jt, dan harus dibayar sesegera mungkin. Sedangkan orang tua saya bisa
dikatakan tidak mampu untuk membayarnya. Sebagai anak, saya ikhlas menanggung
hutang itu. Saya punya penghasilan rata2 sekitar 10jt. Karena tanggungan ini,
tiap bulan duit yang tersisa hampir tidak ada. Apa saya masih harus membayar
zakat? berapa zakat yg harus saya bayar?

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Jawaban
Sdr. Vidi
Ardyanto Yth
Islam sangat toleran bagi hamba-hambanya yang benar sedang dalam kesulitan.
ituah sebabnya, Zakat profesi atau penghasilan yang biasanya diterima tiap
bulan harus dipotong hutang yang jatuh tempo atau harus dibayar bulan itu.
kalau sisanya masih cukup nisab, atau memenuhi standart minimal, maka harus
dikeluarkan 2.5% saja. kalau gaji minimal yang harus dizakati adalah 1800 000,
Demikian, Wallahu A'lam

http://id.yahoo.com/
melalui jalur pribadi
dibanned