From: emailnyaoji <[EMAIL PROTECTED]>
Date: 2008/11/11
Subject: [SaudagarMinang] MANA KONTROL DARI NINIAK MAMAK DAN ALIM ULAMA
MINANG ????
To: [EMAIL PROTECTED]

   Saya sebenarnya gak suka dengan segala sesuatu yg berbau artis,apalagi
nonton infotainment. Mohon maap bagi yg suka mengikuti berita2 infotainment.

Tadi pagi saya mendapat sebuah pesan singkat di HP dari seorang teman yang
isinya cukup membuat saya berfikir, APA SAYA MASIH BISA BANGGA JADI ORANG
MINANG ??? APA ORANG MINANG MASIH BERLANDASKAN *ADAT BASANDI SYARA', SYARA'
BASANDI KITABULLAH *???

*"lu liat liputan perkawinannya BCL gak ??? emang pakaian penganten wanita
orang minang boleh menjual dada spt itu ??? mana nih peran ninik mamak dan
alim ulamanya yg terkenal sangat menjaga adat dan kuat berpegang pada agama
??? jangan sampai adat sendiri di rusak oleh generasi mudanya bro……."*.
demikian isi smsnya. namun saya gak bisa lihat liputannya di infotainment
krn harus berangkat liputan pagi hari.

Kebetulan malam ini dapat kiriman fotonya dari seorang teman di multiply,
dan saya bisa lihat sendiri pakaian *anak daro* dan *marapulai* dari BCL dan
ASRAFF itu. Pakaian marapulai nya masih terlihat sopan,ada pesona melayu
nya, kebetulan si marapulai memang berasal dari negeri jiran M alaysia .
Tapi coba lihat pakaian anak daro yg di pakai olah BCL yg katanya berdarah
minang. Dengan suntiang mini ( mungkin ini model terbaru ) yg bertengger di
kepalanya, tapi pakaiannya yang "*balabiah lai…sadang indak*".

Pakaian anak daro yg belom pernah saya lihat sebelumnya, terbuka di sebagian
dada, bahkan sampai ke belahannya ( maaf kalo seronok ). Apakah ini suatu
tanda kemajuan jaman yang merambah ke adat dan budaya orang minang jaman
sekarang ??? apakah ini dipandang patuik oleh niniak mamak alim ulama orang
minang ???

Maafkan kalau saya salah……. Baju yang di pakai BCL sangatlah tidak tepat
dipakai ketika dia mengenakan sebuah suntiang yang melekat di kepalanya,yg
merupakan simbol penganten wanita orang minang. Kemana para niniak mamak
kaum nya ??? kemana alim ulama yang selama ini masih mempertahankan "adat
basandi syara',syara' basandi kitabullah" ??? atau memang itu bukan urusan
mereka lagi ???.....

Fakta : Orang minang banyak yang sukses hidup di perantauan,banyak yang
sudah menjadi orang besar,menjadi orang terkenal,menjadi pejabat publik.
Tapi kenapa untuk urusan menjaga anak kemenakannya seakan semua diam,seakan
itu bukan urusan mereka lagi….dunia sudah moderen….. apakah memang begitu
????!!!!

Saya masih sangat muda untuk urusan ini,saya butuh pencerahan untuk masalah
ini, maafkan saya kalau ada yg tidak pada tempatnya.

*kok tasingguang dek ka naiak,talantuang dek ka turun, bari ambo rila jo
maaf *

*umua alun satampuak jaguang,darah alun satampuak pinang,*

*darah mudo alun pakek, *

*maafkan ambo…… !!!! *

<http://photobucket.com/>

<http://photobucket.com/>