Jujur, pengetahuan saya tentang adat sangat terbatas, baru belakangan ini
saya tertarik untuk tahu lebih banyak. Jadi sebenarnya saya banyak belajar
dari RN ini.

Di satu sisi saya mendapat membaca: "indak lakang dek paneh dst ...", dan
ABS-SBK (walaupun - jujur lagi - saya masih belum menangkap dengan jelas
makna dan prakteknya in full). Tapi di sisi lain beberpa dunsanak mengatakan
bahwa adat ini "menyesuaikan diri" dengan lingkungan, modernisasi, kebiasaan
metropolitan dsb.

Saya tidak punya kapasitas untuk berpendapat. Tetapi, tadi saya juga coba
melihat2 diskusi di tempat lain tentang BCL ini.

Saya ketemu suatu tempat diskusi - yang saya pikir mereka terdiri dari
"orang muda", "modern", "metropolis" dst, ini terlihat dari gaya bahasa,
celetukan mereka. Ternyata mereka juga banyak yang bertanya2 tuh. (Bagi
dunsanak yang tertarik, silahkan ke
http://usa.kaskus.us/showthread.php?t=1184824).

Riri
Bekasi, L 46

2008/11/12 Mantari Sutan <[EMAIL PROTECTED]>

> Bundo Hifni yang ambo hormati,
>
> Bahwa bukan niniak mamak dan alim ulama yang salah. Zaman sudah berubah,
> adat menjadi sesuatu yang arbitrer. Ia akan menjadi estetika belaka,
> pelengkap sebuah pesta. Kalau katuju silakan pakai, ndak katuju tinggalkan.
> Katuju sabagian, ambillah yang sebagian itu.
>
> Kalau zaman dulu memang. Lenggek suntiang saja diatur oleh karapatan adat.
> Di beberapa tempat dikaitkan dengan besarnya alek, mambantai kambing kah
> atau kerbau.  Ada juga didasar pada status sosial adat dan riwayat
> berkampungnya keluarga besar mereka. Saat ini, mau berlenggek berapa,
> [...]

melalui jalur pribadi
dibanned