  From: Mantari Sutan
  To: RantauNet@googlegroups.com
  Sent: Monday, November 24, 2008 2:57 PM
  Subject: [EMAIL PROTECTED] Re: RAJA BONE dan RAJA PARIAMAN

  Iya Mak Taufiq,

  Dari yang saya ketahui memang dalam rangka memuluskan kontol dagang kumpeni
di pesisir minangkabau.  Bagian dari deal Palakka dan Kumpeni.
  Dalam hal ini Palakka-Kumpeni membantu teman lokal mereka dulu untuk mengusir
Aceh.  Aceh dalam hal ini juga punya teman lokal juga, dalam hal ini menjadi
musuh lokal bagi Palakka-Kumpeni.

  Ini yang saya masih saru, siapakah "teman" dan "musuh" lokal Palakka waktu
itu.

  Wassalam,
  MS