N I K A H

Oleh : K Suheimi

Hati saya
bergetar dada saya tergoncang ketika Irdhan mengumandangkan gema wahyu ilahi
meng awali pernikahannya dg dr satria prihandini⌐Suaranya besar dan lantang,
bacaan dan tajwidnya bersih. semua
hadirin tenang tekun memperhatikan
ayat demi ayat yg dilafaskan.
Suasana ini makin syahdu dg bacaan sari tilawah yg  terdengar dg jelas  dan
lembut dibacakan Tria  dari anjungan lantai dua, namun wajahnya tak
kelihatan. Kerna selama seminggu ini dia dipingit  tak boleh ketemu siapa-siapa
termasuk
Irdhan.  Baru boleh wajahnya dilihat
setelah dilakukan ijab  kabul.⌐Ijab
kabul  penyerahan  Tria
oleh pak Endang  kepada  Irdhan. Serah terima dan pengambil alih
tugas  dunia dan akhirat dari bapak
kepada suami berlangsung mulus. Semua
Hadirin dan kedua saksi  Prof Sulaiman  dan dr Wahono
memanjatkan puji syukur
Alhamdulillah

Pagi yang cerah
itu Kamis 11 desember 2009 kami ditunggu di kediaman mempelai wanita di
kompleks Batununggal  indah jl molek raya
11 bandung⌐⌐Ada ucapan selamat datang dalam bahasa sunda  dan tari
selamat datang dan tari persembahan. Puluhan penari  berbaju dan berjilbab
putih dg kasidah yg
ditingkah rebana dan kecapi terasa sangat anggun dan apik  semua
menimbulkan aura dan suasana ke agamaan⌐Dengan diiring dan dijemput
serta diantar memasuki gerbang
rumah  tria yg tertata indah itu.
⌐kami langkahkan kaki dg menyebut nama Nya
bismillahirahmanirrahim.⌐sekitar 50 tamu dalam ruangan dan ratusan
lainnya  duduk dg tertib di
pekarangan⌐Diawali khutbah nikah oleh KUA dan pembacaan Al Qur'an dan sari
tilawah.⌐setelah ijab  kabul saya diminta
utk melewakan gelar .

Irdhan  kata saya menjelaskan, diambil dari asal kata
Redha yg artinya mencari keredhaan Nya. Sejak dia lahir terbersit keinginan di
hati ini agar Irdhan  selama hidupnya
selalu mencari Redha Allah.⌐⌐Sukunya malayu
maka di beri tambahan nama dalam kesatuannya dg Irdhan Malay⌐Maka gelar
yg dinobatkan setelah dirapatkan dalam keluarga di kampung Magek bukit tinggi
sesuai dg pantun⌐⌐Sicerek ditapi paga⌐ureknyo jelo manjelo⌐ketek banamo gadang
bagala⌐rajo
maruhun kito pangia basamo⌐⌐Rajo Maruhun
diambil dari keturunan Dt Maruhun. Dt Maruhun ini adalah  ayah dari ibu Nelly
Adam malik.⌐Almarhum Dt
Maruhun pusaranya  terletak di Pandam
pekuburan Dt Buang sati.

Semasa
hidupnya  ada 3 tali sapilin, tiga tungku
sajarangan. Dt Maruhun, Dt Buangsati dan Dt Mangkudun.⌐ semasa hidup  samad dt
maruhun ini jadi angku sep  atau kepala
stasiun kereta  api.⌐Nah untuk
membangkit gelar inilah yg di berikan pada Irdhan  sebagai Rajo maruhun.
Sebagai pembangkit batang
tarandam.⌐⌐Suku Irdhan  itu Malayu.⌐Orang
malayu itu suka berpantun. Untuk kedua mempelai saya lantunkan
pantun⌐⌐Batununggal di Molek raya⌐Tempat pernikahan Irdhan dan Tria⌐Hanya satu
do;a dipinta⌐Ya Allah limpahi anak kami Bahagia

Hari ini Tria jadi  anak dara⌐membangun mahligai  rumah tangga⌐Nikah bukan
hanya sekedar
berkeluarga⌐jadikan tempat ntuk ngapai Redha
dan sorga Nya⌐⌐Hadirin lebih terpukau lagi ketika  kiai  H
Anwar Sanusi menceritrakan makna sakinah mawaddah dan rahmah. khutbah nikah yg
sangat bagus, bukan hanya untuk pengantin tapi juga untuk semua yg hadir⌐Acara
dilanjutkan, karena hari itu bertepatan dg ulang tahun ke 59 pak Endang ada
acara potong kue  dan  ada puisi yg sangat menyentuh  yg di bacakan menantunya
"Berni"
yg  tinggi semampai  karena dia adalah pengibar bendera  anggota paskibraka di
istana dulunya.

Bahagia sekali
keluarga  hari itu dan juga  hari itu anak saya irsyad dan adik saya
Nirwana  juga berulang tahun⌐Dan saya
persembahkan sebuah lagu untuk keluarga ini "Setulus  hatiku, semurni cintamu"
Kerna di sunda
ditanah parahyangan  saya sewaikan  lagu "euis"  yg kata-katanya di ganti dg
kata-kata minang,
diikuti oleh istri saya dr zurtias  dab
menantu  rina, kami sama-menyanyi.

Suasana jadi
semakin hangat dan meriah, apalagi diawali oleh
saweran  membagi-bagi dan rebutan
uang dan hadiah

Yang menarik juga
dalam pernkahan adat sunda  adalah
sungkeman  irdhan dan tria berjongkok
mohon doa restu kedua orangtua, terus syahdu
dan nasehat-nasehat yg di bisikkan ke telinga  anak dan menantu⌐Diikuti
permainan suap-suapi
nasi kunyit serta  rebutan paha ayam
serta membelah ayam   kebetulan Irdhan
dapat  belahan yg ada kepalanya.  Berarti
dalam keluarga  dialah yg memimpin
istrinya mengepalai rumah tangga.

Bandung 11
Desember 2008

      Apakah saya bisa menurunkan berat badan? Temukan jawabannya di Yahoo!
Answers!
http://id.answers.yahoo.com