Jepe,

Memand ado humor yang menggambarkan situasi yang bersifat "universal", atau
"di-universalkan", contohnya seperti 2 humor yang Jepe tulis itu. Ada
kesamaan keinginan untuk "membuang" pemimpin yang tidak disukai. Jadi kalau
humor seperti ini diadaptasi ataupun diadopsi/ dijiplak oleh bangsa lain,
sense nya tetap ada, karena adanya kesamaan itu

Tapi ada juga humor yang situasinya spesifik di area tertentu, sehingga jika
dicangkokkan (meminjam istilah Nofend) ke bangsa lain, menjadi "ga
nyambung". Contohnya humor pejabat "anti korupsi" itu.

Mungkin jaman dulu di Soviet begitu cara mereka "malu" melakukan korupsi,
termasuk menerima komisi, tip dsb; sehingga dengan cara "membeli mobil", dia
memberikan kesan bahwa dia tidak korupsi.

Nah, apakah di kita juga begitu? Cerita tentang pemberian tip, komisi di
kita kan bukan sesuatu yang "memalukan", bukan cuma di jaman sekarang, tapi
dari jaman kerajaan2 dulu. Makanya, menurut saya, humor seperti itu tidak
menjadi lucu kalau disebutkan tokoh2 nya adalah orang INdonesia.

Riri
Bekasi, L 46