  From: suheimi ksuheimi
  To: piaman-la...@googlegroups.com ; sma1...@yahoogroups.com ;
RantauNet@googlegroups.com ; satria_prihand...@yahoo.co.id ;
renobu...@hotmail.com ; irdhan...@yahoo.com ; fora...@yahoogroups.com ;
herlina_du...@yahoo.com ; jaro...@yahoo.com ; hariansinggal...@yahoo.co.id ;
paramitha...@yahoo.com ; irsyad_suhe...@yahoo.co.id ; xan...@yahoo.com ;
liputanpa...@yahoo.com ; gebril_dau...@yahoo.com ; sutanja...@gmail.com ;
denas...@yahoo.com ; youngst...@yahoo.com ; faya...@gmail.com ;
anggotai...@yahoogroups.com ; rima_mey...@yahoo.com ;
singgalang.reda...@gmail.co
  Sent: Monday, February 02, 2009 5:28 PM
  Subject: [...@ntau-net] Mengaji

        MENGAJI

        Oleh : K Suheimi

        SAYA senang mengaji, dan kalau mengaji saya selalu menyimak. Saya simak
setiap kata yang diucapkan guru dan saya perhatikan setiap gerak gerik bibir
dan tekanan suara guru, dan biasanya kalau guru selesai menerangkan sesuatu,
saya dapat pula mengulang kenibali. Apalagi kalau guru berceritra dan
mengisahkan. sesuatu hal, dengan demikian. saya makin sayang dan makin cinta
pada guru, Dan kalau saya berceritra teringat wajah guru saya dan terbayang
bagaimana cara dan mimik beliau mengajar.

        Bagi semua guru-guru selalu saya panjatkan doa, kiranya beliau diberi
kemudahan dan kelapangan dan ditempatkan pada tempat yang sebahagia-bahagia dan
semulia-mulianya di sisi-Nya dan terkelompok dalam golongan hamba-Nya yang
saleh.

        Entah kenapa hari ini saya teringat kembali saat-saat saya mengaji.
Satu hari beliau menerangkan tentang Al-Qur'an., "AlQur'an berasal dari kata
Qaraa," kata beliau menjelaskan. Qaraa itu berarti himpunan. Menghimpun huruf
menjadi kata, dan menghimpun kata menjadi kalimat dan menghimpun kalimat jadi
bacaan, dan jadilah Al-Qur'an itu menjadi bacaan yang mulia berisi penjelasan
dan keterangan yang menerangkan sejarah masa lalu dan kejadiaan saat ini dan
juga menjelaskan peristiwa yang akan datang.

        Di dalamnya sarat dengan himpunan dan. informasi masa lalu masa kini
dan masa yang akan datang. Di dalamnya terhimpun apa-apa yang ada dan terdapat
pada kitab-kitab sebelumnya seperti Taurat, Zabur dan Injil. Semua yang tertera
dalam kitab-kitab suci itu dihimpun dan disempurnakan. oleh Al-Qur'an. Makanya
dalam Al-Qur'an terhimpun semua yang kita cari, di sana terhimpun apa yang kita
ingini, di sana terhimpun petunjuk, penjelasan tentang hal-hal yang selama ini
kita tidak tahu dan dalil-dalil yang jitu. Karena, kata guru saya, Al-Qur'an
itu sangat pasti; tidak ada satu kitab pun di muka bumi ini yang dapat
menandinginya, kitab yang tiada cacatnya. Al haq, kebenarannya mutlak, karena
isinya penuh kepastian. Lihatlah pada ayatnya yang pertama dalam membuka
lembaran Al-Qur'an. "Inilah kitab yang tiada sak dan tiada keraguan di
dalamnya, sebagai petunjuk." (surat Al-Baqarah ayat 2).

        Tidak ada satu kekhilafan maupun satu kekeliruan, sejak ayat pertama
sampai ayat terakhir, sampai nanti sampai kiamat. Saya senang dengan ilmu
pasti, dan dari kecil mengambil jurusan ilmu pasti, tetapi dalam ilmu pasti
selalu saja ada ralat, selalu saja ada kesalahan selalu saja ada standar
deviasi dan standar error. Artinya dalam ilmu pasti pun ada penyimpangan.
Setiap penelitian yang telah memakai laboratoriun dan percobaan-percobaan,
selalu saja di ujung penelitidn itu disebutkan bahwa hasil-hasil yang diperoleh
tidak semuanya benar. Tetapi kalau kita baca Al-Qur'an, di sana ditemukan tiada
keraguan di dalamnya, satu ayat pun. Bahkan apa-apa yang diragukan di zaman
dahulu, sekarang terbukti kebenarannya, dan mungkin apa yang diragukan
sekarang, nanti akan terbukti bahwa memang Al-Qur'an itu benar adanya.

        Makanya saya senang membaca AI-Qur'an karena di dalamnya ada kepastian,
kepastian di dunia dan kepastian di akhirat dan dijamin sampai akhir zaman
kelak. Inilah satu-satunya kitab yang dapat jaminan dari Allah SWT. Karena
AlQur'an itu pasti sifatnya, maka dialah sebagai huda sebagi petunjuk untuk
manusia. Sesuai dengan fitrah manusia yang selalu mendambakan sesuatu yang
pasti. Kalau berbuat baik dan beramal saleh pasti mendapat pahala. Kalau
bekerja sungguh-sungguh pasti dapat uang. Al-Qur'an adalah Nur, kata guru saya.
Nur adalah cahaya, sehingga kita bisa melihat dengan jelas dan dengan benar.
Perhatikanlah di dalam gelap, kadang-kadang batang pisang tampak seperti hantu.

        Tetapi kalau ada cahaya matahari, maka batang pisang sangat indah
dipandang dengan warna daunnya yang hijau dan buahnya yang kuning dan
jantungnya yang merah. Beruntunglah mereka yang melihat sesuatu dengan
Al-Qur'an, karena dia melihat dengan cahaya. Dia dapat melihat Al-Qur'an besar
atau alam yang terkembang melalui Al-Qur'an kecil, kitab suci yang selalu
dibawanya dan dibacanya di mana pun berada. Dengan adanya Nur dengan cahaya
sehingga manusia tidak salah lihat, sehingga dia bisa berjalan pada jalan yang
lurus dan yang benar.

        Al-Qur'an kata guru saya adalah basyir, sebagai hati nurani. Hati
nurani yang selalu punya pertimbangan. ke arah yang benar dan yang baik.
Betapapun orang mempengaruhinya namun selalu saja hati nurani memberi
pertimbangan yang benar. Jadi mereka yang berpegang pada Al-Qur'an bagaikan
orang yang punya hati nurani yang suci. Mata hati Al-Qur'an yang terus memberi
petunjuk tentang kepastian. Sebaliknya tanpa Al-Qur'an, manusia bagaikan tidak
punya hati nurani, tidak bermata hati.

        Kemudian lanjut guru saya, Al-Qur'an adalah shifa, yaitu penyembuh.
Bacalah dia di saat hatimu resah, gelisah, rusuh tidak menentu, maka akan kau
dapat ketenteraman, ketenangan dan kedamaian. Jelas salah satu syarat untuk
sehat dan bahagia adalah hati yang penuh kedamaian, jiwa yang penuh
ketenteraman dan perasaan yang penuh dengan ketenangan. Bacalah dia, akan kau
dapatkan apa yang kau cari. Sebagai penawar hati nan lara dan segai penyembuh.

        Dan setiap kali membacanya dinilai sebagi ibadah. Ibadah yang semakin
mendekatkan hamba dan Khaliknya. Betapa jiwa tidak akan tenteram, kalau Sang
Penguasa dan yang Maha Perkasa dan yang Maha Kuasa itu yang berada di dekat
kita. Al-Qur'an pun mengajarkan bermusyawarah. Kalau.kamu berselisih tentang
satu perkara, maka kembalilah pada Al-Qur'an, cari di dalamnya, pasti kamu
menemukan cara penyelesaian satu perkara. Dan isinya adalah menyuruh tawaduk,
merendahkan diri pada Allah, jangan menjadi orang yang sombong, pongah dan
kagadang-gadangan. Jangan Sok-sokan kata guru saya. SOK itu kependekan dari
Sombong. Ongas, Kagadang-gadangan. Saya simak pengajian guru saya yang
menjelaskan Al-Qur'an dan saya catat, dan catatan itu pulalah yang saya coba
tuliskan untuk pembaca yang setia. Untuk semua itu lalu saya teringat akan
surat Al Baqarah ayat 2: "Inilah kitab (Al-Qur'an) yang tiada syak lagi, yang
mengandung petunjuk-petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa."

        p bARU 1 fEBR 2009

  Dapatkan nama yang Anda sukai!
  Sekarang Anda dapat memiliki email di @ymail.com dan @rocketmail.com