MENGAJIOleh : K Suheimi
SAYA senang mengaji, dan kalau mengaji saya selalu menyimak. Saya simak setiap
kata yang diucapkan guru dan saya perhatikan setiap gerak gerik bibir dan
tekanan suara guru, dan biasanya kalau guru selesai menerangkan sesuatu, saya
dapat pula mengulang kenibali. Apalagi kalau guru berceritra dan mengisahkan.
sesuatu hal, dengan demikian. saya makin sayang dan makin cinta pada guru, Dan
kalau saya berceritra teringat wajah guru saya dan terbayang bagaimana cara dan
mimik beliau mengajar.

Bagi semua guru-guru selalu saya panjatkan doa, kiranya beliau diberi kemudahan
dan kelapangan dan ditempatkan pada tempat yang sebahagia-bahagia dan
semulia-mulianya di sisi-Nya dan terkelompok dalam golongan hamba-Nya yang
saleh.

Entah kenapa hari ini saya teringat kembali saat-saat saya mengaji. Satu hari
beliau menerangkan tentang Al-Qur'an., "AlQur'an berasal dari kata Qaraa," kata
beliau menjelaskan. Qaraa itu berarti himpunan. Menghimpun huruf menjadi kata,
dan menghimpun kata menjadi kalimat dan menghimpun kalimat jadi bacaan, dan
jadilah Al-Qur'an itu menjadi bacaan yang mulia berisi penjelasan dan
keterangan yang menerangkan sejarah masa lalu dan kejadiaan saat ini dan juga
menjelaskan peristiwa yang akan datang.

Di dalamnya sarat dengan himpunan dan. informasi masa lalu masa kini dan masa
yang akan datang. Di dalamnya terhimpun apa-apa yang ada dan terdapat pada
kitab-kitab sebelumnya seperti Taurat, Zabur dan Injil. Semua yang tertera
dalam kitab-kitab suci itu dihimpun dan disempurnakan. oleh Al-Qur'an. Makanya
dalam Al-Qur'an terhimpun semua yang kita cari, di sana terhimpun apa yang kita
ingini, di sana terhimpun petunjuk, penjelasan tentang hal-hal yang selama ini
kita tidak tahu dan dalil-dalil yang jitu. Karena, kata guru saya, Al-Qur'an
itu sangat pasti; tidak ada satu kitab pun di muka bumi ini yang dapat
menandinginya, kitab yang tiada cacatnya. Al haq, kebenarannya mutlak, karena
isinya penuh kepastian. Lihatlah pada ayatnya yang pertama dalam membuka
lembaran Al-Qur'an. "Inilah kitab yang tiada sak dan tiada keraguan di
dalamnya, sebagai petunjuk." (surat Al-Baqarah ayat 2).

Tidak ada satu kekhilafan maupun satu kekeliruan, sejak ayat pertama sampai
ayat terakhir, sampai nanti sampai kiamat. Saya senang dengan ilmu pasti, dan
dari kecil mengambil jurusan ilmu pasti, tetapi dalam ilmu pasti selalu saja
ada ralat, selalu saja ada kesalahan selalu saja ada standar deviasi dan
standar error. Artinya dalam ilmu pasti pun ada penyimpangan. Setiap penelitian
yang telah memakai laboratoriun dan percobaan-percobaan, selalu saja di ujung
penelitidn itu disebutkan bahwa hasil-hasil yang diperoleh tidak semuanya
benar. Tetapi kalau kita baca Al-Qur'an, di sana ditemukan tiada keraguan di
dalamnya, satu ayat pun. Bahkan apa-apa yang diragukan di zaman dahulu,
sekarang terbukti kebenarannya, dan mungkin apa yang diragukan sekarang, nanti
akan terbukti bahwa memang Al-Qur'an itu benar adanya.

Makanya saya senang membaca AI-Qur'an karena di dalamnya ada kepastian,
kepastian di dunia dan kepastian di akhirat dan dijamin sampai akhir zaman
kelak. Inilah satu-satunya kitab yang dapat jaminan dari Allah SWT. Karena
AlQur'an itu pasti sifatnya, maka dialah sebagai huda sebagi petunjuk untuk
manusia. Sesuai dengan fitrah manusia yang selalu mendambakan sesuatu yang
pasti. Kalau berbuat baik dan beramal saleh pasti mendapat pahala. Kalau
bekerja sungguh-sungguh pasti dapat uang. Al-Qur'an adalah Nur, kata guru saya.
Nur adalah cahaya, sehingga kita bisa melihat dengan jelas dan dengan benar.
Perhatikanlah di dalam gelap, kadang-kadang batang pisang tampak seperti hantu.

Tetapi kalau ada cahaya matahari, maka batang pisang sangat indah dipandang
dengan warna daunnya yang hijau dan buahnya yang kuning dan jantungnya yang
merah. Beruntunglah mereka yang melihat sesuatu dengan Al-Qur'an, karena dia
melihat dengan cahaya. Dia dapat melihat Al-Qur'an besar atau alam yang
terkembang melalui Al-Qur'an kecil, kitab suci yang selalu dibawanya dan
dibacanya di mana pun berada. Dengan adanya Nur dengan cahaya sehingga manusia
tidak salah lihat, sehingga dia bisa berjalan pada jalan yang lurus dan yang
benar.

Al-Qur'an kata guru saya adalah basyir, sebagai hati nurani. Hati nurani yang
selalu punya pertimbangan. ke arah yang benar dan yang baik. Betapapun orang
mempengaruhinya namun selalu saja hati nurani memberi pertimbangan yang benar.
Jadi mereka yang berpegang pada Al-Qur'an bagaikan orang yang punya hati nurani
yang suci. Mata hati Al-Qur'an yang terus memberi petunjuk tentang kepastian.
Sebaliknya tanpa Al-Qur'an, manusia bagaikan tidak punya hati nurani, tidak
bermata hati.

Kemudian lanjut guru saya, Al-Qur'an adalah shifa, yaitu penyembuh. Bacalah dia
di saat hatimu resah, gelisah, rusuh tidak menentu, maka akan kau dapat
ketenteraman, ketenangan dan kedamaian. Jelas salah satu syarat untuk sehat dan
bahagia adalah hati yang penuh kedamaian, jiwa yang penuh ketenteraman dan
perasaan yang penuh dengan ketenangan. Bacalah dia, akan kau dapatkan apa yang
kau cari. Sebagai penawar hati nan lara dan segai penyembuh.

Dan setiap kali membacanya dinilai sebagi ibadah. Ibadah yang semakin
mendekatkan hamba dan Khaliknya. Betapa jiwa tidak akan tenteram, kalau Sang
Penguasa dan yang Maha Perkasa dan yang Maha Kuasa itu yang berada di dekat
kita. Al-Qur'an pun mengajarkan bermusyawarah. Kalau.kamu berselisih tentang
satu perkara, maka kembalilah pada Al-Qur'an, cari di dalamnya, pasti kamu
menemukan cara penyelesaian satu perkara. Dan isinya adalah menyuruh tawaduk,
merendahkan diri pada Allah, jangan menjadi orang yang sombong, pongah dan
kagadang-gadangan. Jangan Sok-sokan kata guru saya. SOK itu kependekan dari
Sombong. Ongas, Kagadang-gadangan. Saya simak pengajian guru saya yang
menjelaskan Al-Qur'an dan saya catat, dan catatan itu pulalah yang saya coba
tuliskan untuk pembaca yang setia. Untuk semua itu lalu saya teringat akan
surat Al Baqarah ayat 2: "Inilah kitab (Al-Qur'an) yang tiada syak lagi, yang
mengandung petunjuk-petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa."

p bARU 1 fEBR 2009

Dapatkan nama yang Anda sukai!
Sekarang Anda dapat memiliki email di @ymail.com dan @rocketmail.com.