Kawan2,

   Kalau awak melakukan penelitian tentang kriminalitas, apapun bentuknya,
sendirinya termasuk ttg penyalahgunaan warnet untuk konsumsi pelempiasan nafsu
pornografik, yang kita tentukan adalah garis toleransi ambang batas, bukan
masalah generalisasi. Makin liberal dan makin sekuler masyarakat itu, makin
tinggi tingkat ambang batas itu. Begitu juga sebaliknya. Nah, yang menarik,
kenyataan sosiologiknya bisa terbalik. Negara-negara yang kita sangka liberal
dan sekuler justeru menerapkan kode-kode etik yang cukup ketat untuk menjaga
nilai-nilai moral di wilayah publik. Kalau soal pribadi di rumah masing2, itu
kan lain. Di negara2 yang katanya berkebudayaan tinggi dan bermoral luhur,
seperti Indonesia ini, yang notabene mayoritas terbesar rakyatnya adalah
muslim, kenyataannya adalah seperti yang kita lihat ini. Apapun, dan apa saja,
kayaknya sawahnya tidak berpematang lagi. Nilai-nilai moral terabaikan.
   Lalu di belakangnya siapa? Tak lain, cukong2 yang punya warnet itu, yang
dengan sengaja membikin sekat2 itu untuk value added komersialnya. Dan sengaja
merusak akhlak anak bangsa pribumi ini agar ekonomi negeri ini tetap berada di
tangan mereka. Kasus orang2 Eskimo, Indian, Negro, Negritos, Aborigin, dan
sekarang pribumi Melayu di Indonesia ini, sengaja dirusak akhlaknya untuk
tujuan perpetuasi - pelanggengan - kekuasaan penjajahan ekonomi oleh cukong2
dan mnc lain2nya itu.
   Pada hal di tanah leluhurnya sendiri, di Tiongkok, dan di Singapura,  di
Malaysia, Thailand, Laos, Kambodia, Vietnam, Australia, dsb, yang semuanya
sudah saya lihat, tak ada dan tak dibolehkan adanya sekat2 itu. Dan tempat2
untuk bersitungkin baraja di ruang2 perpustakaan, dan di mana saja di kampus2
di dunia ini tak ada ruang komputer yang pakai sekat2. Faktor lain kecuali
cukong itu adalah faktor yang bersarang dalam dada kita sendiri. Nah, tanyai
dada itu, dan tanyai diri, baik mana pakai sekat atau tak pakai sekat.
   Teriring salam untuk semua, Mochtar Naim, calon DPD no 25 dari Sumbar.