Apakah Sibolga lebih berbudaya Masakan Ikan? Saya ingat masa lalu
dalam perjalanan menyeberang ke Gunung Sitoli (1965) makan masakan
ikan di satu Restoran Cina diperkenalkan dan ditraktir Sjahbandar
waktu itu. Sampai saat ini masih terbayang rasanya. Mudah-mudahan
bukan satu kedai itu saja yang masakan ikannya enak. Ingin hasrat
kembalike Sibolga cari Gulai Ikan enak itu.

-- MakNgah
--- In rantau...@yahoogroups.com, jupardi andi <jupardi...@...> wrote:

> "Padang sbg Kota Pantai, ttp knp seafood di Padang krg terkenal?
Apakah sensasinya kalah dg Makanan asli kita?"

> Menurut saya Da Nof memang kalah populer dengan masakan minang kita
artinya pada intinya masakan/kuliner asli kita banyak juga berbahan
dasar ikan laut dengan segala jenisnya, tapi ya itu tadi cara
memasaknya lebih kepada di Gulai, Goreng, dibakar dengan bumbu yang
berat, kalaupun dipepes/palai bumbunyapun masih berat (Heavy spices)

> Nah seafood itu kan biasanya bumbu-bumbu yang ringan atau tidak
bersantan dalam pengolahannya lebih banyak di steam (kukus/cah/tumis)
dengan segala variasi rasa ataupun dibakar dengan bumbu-bumbu yang
ringan...

> Disini "kelemahan" masakan kita dalam pengolahan ikan-ikan laut
berkualitas seperti Kerapu...secara rasa memang tiada dua masakan kita
dalam mengola ikan laut, tapi nilai gizi dari ikan tersebut
tergradasi, masakan sea food (Cina atau mandarin) disamping rasanya
yang menggoyang lidah kandungan gizi, vitamin, protein dari ikan tidak
banyak tergradasi atau hilang

> Ikan Kerapu....bagi orang cina/mandarin selalu lebih nimmat jika
dimasak steam/kukus disamping mereka mendapatkan rasanya dengan bumbu
yang ringan juga segala gizi yang terkandung didalam ikan berkualitas
ini, bandingkan dengan masakan kita yang ikan kerapu di goreng...orang
Cina sangat merasa "rugi" ikan sekelas kerapu di goreng atau di gulai

> Tadi ini masalah selera...lidah orang Minang selalu lebih pas dengan
masakan laut ala Minang terutama daerah masakan pesisir, mungkin perlu
terobosan menciptakan masakan minang ala sea food..dengan bumbu yang
ringan tapi tetap khas dengan sentuhan rasa dan bumbu Minang..

> Wass-Jepe

ngomel". Resort di Pulau ttp dikasih makanan darat terus... Kok tidak
satupun makanannya yg berbau seafood ya...? Saya minta buat acara Ikan
Bakar utk 30 org dipinggir pantai utk dinner dan saya mau bayar kok,
tp katanya susah...:)

Yahoo! Messenger yang serba baru sekarang! http://id.messenger.yahoo.com