Maaf...
Saya setuju dengan posting Mamak Adha Jamil.
Menurut saya, Adat Minangkabau adalah adat progresif dan dinamis. Sehingga,
klaim bahwa sesuai adalah adat Minang atau bukan tentu tidak bisa serta merta
di klaim sepihak begitu saja.
Darimanakah adat asli Minangkabau itu ada, apakah dari era Anismisme/Dinamisme
sewaktu orang Minang masih menyembah Gunung Marapi, atau sejak Menang nya
Kerbau Minang atas Kerbau Jawa yang konon kabarnya jadi asal muasal bernama
Minangkabau, atau setelah Islam masuk dari Pariaman, atau setelah tercapainya
kesekapakatan Bukik MArapalam antara kaum adat dan kaum paderi.
KAlau kita runut lagi, Minangkabau sendiri adalah anak Peradaban Mongoloit yang
kemudianmendapat pengaruh India, Arab dan Eropa seperti kebanyakan suku bangsa
di Asia Tenggara lainnya. Jadi, menurut saya sebagai putra Asli Pariaman, saya
tidak sepakat dengan klaim seperti ini.
Bukan berarti saya mendukung adat Babali, tapi mohon ditempatkan sebagaimana
mestinya. Dan Adat Babali adalah adat istiadat yang sangat situasional
sifatnya. Saya yakin, budaya ini punya alasan yang kuat untuk berkembang di
zamannya. Dan inilahyang harus di kemukakan, bukan hujatan betapa tercelanya
kaum perempuan membayar kepada pihak laki-laki untuk mengawanininya. (meskipun
ketika saya ditanya hal ini, saya sering bertanya kembali, "kalau
begitu..perempuan emang mau di beli ??")

Salam

Bot Sosani Piliang
"Terlahir dari Suku Piliang Kampuang Paneh - Sungai Rotan, Pariaman"
Just an Ordinary Man with Extra Ordinary Dream
www.botsosani.wordpress.com
Hp. 08123885300