Ass.Wr.Wb.
Saya bukan seorang penulis yang baik, tapi ada yang ingin saya sampaikan
sehubungan dengan UANG JEMPUTAN yang masih dipakai dalam tata cara adat
perkawinan di Minangkabau khususnya Pariaman , saya rasa sulit dihilangkan dan
memang tidak perlu dihilangkan.
Kenapa?  Uang jemputan selama itu masih logis ,tidak berlebihan dan dapat
diterima kenapa tidak.
Sebagai orang minang yang memakai tatacara dari garis ibu <matrilineal> ,yang
kita harus akui tanpa sadar diikuti oleh suku2 yang mengikuti garis bapak atau
parental, justru orang minang lebih jujur menjalaninya.
Setiap anak perempuan apabila baru berumahtangga selalu ingin dekat dengan
ibunya  ,dalam mengarungi bahtera rumahtangga selalu lebih suka bertanya kepada
ibu , beda dengan anak laki-laki yang keluar dari rumah  menjadi kepala
keluarga ,cendrung mengikuti istri. Anak laki-laki keluar dari rumahnya untuk
mengarungi rumahtangga sebagai kepala keluarga dan menjaga keharmonisan
keluarga khususnya antara ibu dan istrinya.
Saya tidak katakan kita membeli anak laki-lakinya, setiap orang tua sangat
ikhlas membesarkan anak-anaknya.
Kita hanya menghargai orangtua laki-laki yang sudah sukses membesarkan anaknya
dan mengizinkan untuk menjadi pelindung bagi anak gadis kita dan keluarganya
kelak.
Jadi dengan berpikir positif kita bisa menerima adanya UANG JEMPUTAN.
Jujur sewaktu saya yang menjalaninya, saya sangat menolak ,,saya merasa sejajar
kok sama-sama sarjana dan sebagainya.
Tetapi berkat penerangan yang jelas dan sangat baik dari IBU saya,saya bisa
menerimanya dengan ikhlas semua tatacara adat perkawinan di Minangkabau
khususnya PARIAMAN.
Untuk penjelasan yang jelas mengenai UANG JEMPUTAN  saya bukan ahlinya.
Maaf kalau penyampaian saya kurang berkenan.

Wassalam.

Dewi Mutiara, suku Sikumbang.