  From: Z Chaniago
  To: rantaunet
  Sent: Friday, May 29, 2009 8:14 AM
  Subject: [...@ntau-net] Bakso ala Minang ?

  Assalamu'alaikum Ww

  Mumpung mau wik-en...... barangkali ada yang mau mencicipi ?....

  Kl rujak muaro.....raso lamak , duduaknyo ndak lamak......, kalau bakso ala
minang ?

  Wassalam

  Z Chaniago - Palai Rinuak

  Ngebakso dan Ngerujak a la Minang
  Eka Septia - detikFood

  Jakarta - Kuah bakso yang gurih lezat pas sekali dengan baksonya yang empuk
mentul-mentul. Tambahan saus sambal dan kecap menambah lezat rasanya. Sebagai
penutup irisan buah segar yang dicocol dengan sambal kacang plus rujak serut
yang asam manis pedas segar bikin acara makan siang jadi semakin komplet!

  Awalnya saya hanya sekedar ingin menemani seorang teman yang ingin memanjakan
diri ke salon Love Laris, tapi saat melihat banner besar berwarna kuning
mencolok dengan tulisan 'Rujak Uleg Muaro' sayapun membujuk teman saya untuk
mampir ke temapat ini terlebih dahulu. Pasalnya perut saya sudah sangat
keroncongan sejak tadi.

  Rumah Makan Bakso Terasa (baca:teraso) ini sudah dipadati oleh pengunjung.
Hampir tak ada tempat tersisa untuk saya sampai akhirnya ada dua orang
pengunjung yang sudah menuntaskan makan mereka. Dengan sigap seorang pelayan
menghampiri saya untuk mencatat pesanan.

  Daftar menu memang tidak diberikan karena ada sebuah spanduk besar menempel
di dinding yang bertuliskan beragam menu yang ada di tempat ini. Seporsi bakso
urat langsung dipesan, teman saya yang ngiler dengan rujak potongnya sejak tadi
tak ketinggalan untuk memesan sepiring.

  Meskipun warung makan ini bertemakan bakso, menu lainnya masih bisa dipesan
loh! Sebut saja sate Padang, bubur ayam, siomay, kwetiaw, nasi dan mi goreng,
sop Betawi, soto ayam, soto nasi, danmasih banyak yang lainnya. Kalau dilihat
dari namanya yang menggunakan bahasa Minang, mungkin saja ini gaya orang rantau
minang menyjikan bakso.

  Rujak datang lebih dulu, potongan buah dan juga sambal nya ditaruh dalam
wadah terpisah. Bermacam-macam buah-buahan seperti jambu air, jambu biji,
nanas, mangga, kedondong, bangkuang, bahkan jeruk Bali dan buah pear juga ada.
Buahnya segar apalagi dicocol dengan sambal kacangnya.

  Rasa pedas, manis, dan asam pada sambalnya sangat pas. Gerusan kacang tanah
dalam sambal bikin rasa sambalnya semakin lezat. Tak ketinggalan taburan kacang
tanah goreng di atas sambalnya memberikan sensasi gurih renyah yang enak! Ini
yang membedakan dengan rujak umumnya.

  Bakso pesanan saya akhirnya datang. Disajikan dalam mangkuk putih yang
berukuran cukup besar. Ukuran bakso nya besar-besar dan ada beberapa potongan
tetelan didalamnya. Sebuah pangsit goreng dijadikan sebagai pelengkap bakso.
Saat saya menyerutup kuah bakso, wuiihh.. rasa gurih kaldunya langsung
menyergap uenak!

  Baksonya pun tak kalah enak dengan kuahnya. Baksonya kenyal lembut,
mentul-mentul sangat terasa dagingnya. Ditambah dengan sambal saos dan juag
kecap makin muantab rasanya! Tak terasa kucuran keringat sudah mengalir deras
memabasahi dahi. Apalagi memang kondisi warung bakso sangat ramai dipadati
pengunjung. Jadi agak sedikit panas rasanya.

  Perut kenyang, barulah kini saatnya memanjakan diri di salon. Sebelum pulang
seporsi rujak serut saya pesan untuk cemilan saya saat di salon nanti.

  Bakso Terasa
  Jl. Bendungan Hilir Raya
  (Samping RM.Ampera)
  Jakarta Pusat
  Telp 5743474

  ( eka / Odi )

  --
  Z Chaniago - Palai Rinuak

  Alam Minangkabau semakin memukau oleh kemilau Danau Maninjau - Menjadikan
Adat menjadi rasional .

lain harap mencantumkan sumbernya: ~dari Palanta r...@ntaunet