Asslm.Wr.Wb.

Mengenai tanah ulayat dan tanah pusaka, saya menawarkan teknik
permodalan pertanian yang pernah dipraktekan cicit ambo di Air Santok,
Pariaman.

Teknik permodalan menyerupai metoda salam perkreditan syariah.
Pemilik lahan dan penggarap berkongsi saling menguntungkan.
Hasil panen dibagi 3, baik panen raya atau panen minim. 1 bagian untuk
pemilik tanah, 1 bagian untuk tim penggarap, 1 bagian menjadi modal
bergulir untuk bibit, pupuk, operasional penggarap hingga panen
dimusim depan.

Menurut hemat saya, cara ini mudah dipahami dan dipraktekkan bebas
riba, saling menguntungkan dan berpijak pada ridho Allah, bisa
diterapkan di perikanan darat, laut, perkebunan dan perdagangan umum.

Wallahu Alam B. Wass.Wr.Wb.
AUGI JD
augispot.blogspot.com

--
Sent from Gmail for mobile | mobile.google.com

lain harap mencantumkan sumbernya: ~dari Palanta r...@ntaunet