Assalamu'alaikum WW pak Augi JD sarato Sidang Palanta RN yang mulia.

Metode praktis sarupo nan disampaikan pak Augi ikolah nan merupokan salah satu
jalan keluar / solusi yang saling menguntungkan antara rakyat pemilik tanah
dengan  pengusaha pemilik modal. iko namonyo WIN WIN solution.

Metode yang samo menurut pemikiran ambo dapat di terapkan dalam membangun
perkebunan, pertokoan, kompleks perumahan, membangun pasar dan lain lain. Atau
dalam mengembangkan potensi hasil Tambang yang ado dalam tanah.
Jika hal ini terjadi maka tanah milik masyarakat pribadi maupun tanah adat
ataupun tanah ulayat  tidak akan berpindah tangan dengan HARGA sekedarnya
(istilah sekarang Ganti Rugi)

Ganti rugi menghilangkan hak pemilik tanah atas FUTURE VALUE dan Potensial
Profit. Yang nantinya semua hanya akan dimiliki dan dinikmati sang Investor.

Ilustrasi;

Saat ini di kab. Nabire dan kab Paniai, Papua, suku asli pemilik tanah
mengizinkan investor kecil menambang emas di tanah mereka, persis dengan pola
diatas, sepertiga hasil milik pemilik tanah, sepertiga  milik pekerja dan
sepertiga menjadi hak pemilik modal. Pemilik modal menyediakan Pompa DongFeng
dan peralatan tambang, kemudian menyediakan biaya transport ke lokasi, serta
menjual bahan makanan (BAMA). Saat ini diatas areal kilometer 64 s/d 90 ada
sekitar 40 ribu penambang emas rakyat yang menambang. Umumnya orang Flores,
suku asli, sedikit dari jawa, NTB dll dengan bossnya orang Makassar.
Di kota Nabire ada toko emas yang buka 18 jam sehari, menampung masyarakat yang
akan  menjual butiran emas hasil tambang rakyat. Baik di Nabire maupun Paniai,
pruduksi emas hasil tambang rakyat inilah yang menghidupkan roda perekonomian
rakyat setempat.

Demikian, semoga penyampaian pak Augi dapat menggugah perasaan para Birokrat di
Sumbar. Hingga VISI Birokrat tentang pembangunan ekonomi Sumbar menjadi sejalan
dengan pembangunan ekonomi rakyat Sumbar, demi masa depan kesejahteraan anak
cucu kito nanti.

 Wassalamu'alaikum WW
Erinos Muslim Tanjung Bgd Rajo (51+)
Asli urang Lambah ngarai Sianok