M A Z N I
Oleh K Suheimi

"Namo ambo Mazni" katanya sambil memberi ucapan selamat dihari pesta perkawinan
anak Saya Irdhan
Sejak itu namanya membekas dihati saya, orangnya gagah, tinggi, sederhana.
Mazni selalu jadi perhatian dan tempat orang berkumpul mengeruminya. Dia jadi
sentral ditengah kelompok ngkatannya tahun 68

Ketika ratusan alumni angkatan enampuluhan ngumpul di rumah walikota dia jadi
pusat perhatian saya, dikerubungi oleh teman seangkatanya

Di malam kenangan sesama alumni dan ketika acara pembukaan, Mazni bukannya
duduk di depan tapi berdiri diluar tenda. Badannya yg tinggi dan kekar dg
rambut yg tipis kentara sekali, tacelak tampak jauh

Malam itu Mazni di nobatkan keatas pentas menerima penghargaan membawa harum
angkatan 68 kebetulan seangkatan dg Masfar Salim ketua IASMA 1

Penghargaan diberikan karena perhatian, dedikasi dan sumbangan yg terbesar
untuk beasiswa. Mazni yg Jendral itu mengumpulkan dana dan menyumbang 300 juta.
Dana inilah yg digunakan untuk membantu siswa yang secara ekomi kurang mampu
tapi ber otak cemerlang. Banyak siswa yg berprestasi dan mengharumkan nama SMA
1. Dana sebanyak itu di katakan dari Hamba Allah, karena  ndak ingin namanya
dilewakan.

Ketika saya tanya, dengan senyum Mazni menjawab "Banyak dana yg terserak. Kalau
kita bisa meyakinkan yg punya dia akan mengalir deras, dan orang yg punya dana
itu tahu bahwa dana ini betul-betul digunakan untuk hal yg bermanfaat.

"Apakah dana ini tidak digunakan untuk usaha sehingga cepat berkembang?" Ulas
saya bertanya. Dengan pendek Mazni menjawab "Usaha resikonya tinggi, kalau
macet kan ruwet, uang yg diamanahkan ini tak mencapai sasaran, sedang tiap
bulan banyak orang yg mengharapkan dana ini" katanya sambil berjalan santai di
pagi sabtu dalam Pawai akbar keliling kota B Tinggi

Sambil berjalan santai itu Mazni berkata "Saya kenal dg semua penari alumni
Riau, rombongan Uda tadi malam" cilotehnya. "Dulu sava yg mengagas terbentuknya
ikatan alumni SMA 1 Riau, ketika Mazni jadi DANREM di Riau.  Dia bangga buah
tangannya itu menghasilkan alumni yg kompak di Riau dan memukau penonton di
pertunjukkan malam tadi.

"Disamping menggagas dan membina  Alumni SMA 1 Riau, saya juga membentuk Ikatan
Keluarga Luhak Agam(IKLA)" yg kehadirannya di Riau di segani

Banyak buah tangan dan hasil kerja dari. Jendral Mazni yg memasuki Pensiun
Konon kabarnya anak kedua dari Buya Haroen Yunus ini akan di percaya jadi datuk
penghulu dalam kaumnya

Haroen Yoenus teman akrab mertua saya Zainuddin Dt Nan Gadang. Sebagai tokoh
PSII beliau kokoh pendirian dan beragama dan menjalankanya Islam secara kaffah
dan logika

Banyak ahli sejarah menyelidiki bahwa kebangkitan bangsa ini diawali oleh
berdirinya PSII jauh lebih dulu dari Budi Utomo

Jadi kebangkitan nasional itu di mulai oleh tokoh PSII yg teguh menjalankan
Syariat Islam

Sebagaimana Z Dt nan Gadang. Haroen yoenoes banyak punya murid
Kedua keluarga besar ini selalu menjalin hubungan kekeluargaan. Keluarga Haroen
selalu membawa harum dan suka membantu dan melapangkan orang lain antara lain
adiknya Mazni namanya Maridsyah ahli pembuat Sumur bor. Di Riau jika orang tak
mampu lagi mendapatkan air bersih Maridsyah lah yang turun tangan mengatasinya

Mengetahui ini pak Taswar direktur SMA 1 minta batuan, kerna sudah sejak lama
air bersih tak ada di sekolah, sehingga untuk cebok dan berudhuk sajapun susah.
Ini dirasakan oleh semua murid, guru dan tamu

Nah dalam kedatangan alumni yg demikian banyak kalau ngak ada air akan
bagaimanalah

Disaat genting Maridsyah turun tangan, sekarang semua kita bisa menikmati air
dimana-mana. Tidak tanggung-tanggung besarnya terima kasih kita kepada keluarga
besar Haroen yg betul-betul telah menolong dan melapangkan sehingga acara dan
kehidupan kedepan SMA 1 semakin jaya

Dari lubuk hati yg terdalam saya berbisik terima kasih Mazni, terima kasih
Maridsyah, terima kasih keluarga Haroen Yoenoes. Salah satu cucu Haroen yoenoes
namanya Elthaf yg luar biasa . Bagi kami di Pekan Baru Elthaf di beri gelar
Bujang Salamat yg sangat berjasa menyelamatkan SMA 1. Elthaf di undang oleh SBY
dan di beri penghargaan sebagai penulis terbaik

KRT (kelompok Runciang Tanduak) pun menyematkan tanda jasa untuk Elthaf dg
memasangkan Name Tag, yang selalu dibawanya kemana pergi, kerna dia telah di
nobatkan sebagai Anggota kehormatan

SMA 1 25 Juli 2009