Assalamualaikum Wr.Wb. Bapak Fitr Tanjuang, Bapak Asfarinal, Bapak
Dr.Saafroedin BAHAR, Bapak JePe serta seluruh ummat RN di Palanta.

Saya hanya mau menambahi sedikit yang menurut hemat saya mungkin ada
kekurangnya, mudah2an bisa dipergunakan/ diterapkan disana.

Pertanyaan Pak Fitr Tanjuang,
rumah tingkat didaerah gempa itu umumnya SANGAT tidak ekonomis sekali.
Basement itu, umumnya tidak ekonomis, apa lagi didaerah gempa dan tropis.
Sedangkan didaerah Subtropispun mahal, krn musti digali, ditransportasikan dll.
Basement ini berguna krn zaman dulunya untuk gudang/lumbung makanan/minuman dll.
Bangunan yng lentur yg baik/ekonomis untuk daerah gempa.
Misalnya Kayu, Bambu, atau Baja ramping atau kombinasi yang rational serta
konstruksi dan pelaksanaan/penerapan yang baik.
Umumnya, dinegara maju, rumah kayu itu sangat berharga sekali nilainya.
Karena kayu itu umumnya mahal harga, juga pengawetannya, Disamping itu
umurnyapun sangat sensitip sekali, jikalau tidak diawetkan atau dipelihara
dalam siklus waktu2 tertentu dengan baik dan seksama.

Pak JePe, mohon Asbest jangan dipakai, karena partikel dari Asbest itu sangat
berbahaya untuk kesehatan paru2 dan broncha (cancer).
Juga untuk pengawetan bahan2 bangunan Kayu ruyung, kayu kelapa, bambu dll.
Pemakaian zat2 kimia yang seperti bensol, terpentin dan sebangsanya (cairan
/larutan) mohon diruangan terbuka serta memakai masker, sarung tangan,
perangkat pakaian sehat dll. dsb.

Seperti berita/tulisan dari Bapak Asfarinal memang sangat benar sekali.
Banyak bangunan2 yang komposisi beton konkritnya, baik dari segi %tual semen
begitu juga %tual baja, serta variasi ramuan diameter penampang2 pasir/kerikil.
Ditambah lagi dengan, mungkin2 saja, technik2 sambungan diantara bahan2
bangunan tsb itu tidak/kurang sempurna.
Jadi matarantai faktor2 negatip dalam ilmu struktural menjadi kumulatip yang
sangat negatip sekali jadinya.
Resumee....., jikalau terjadi gempa yang berskala mangkin tinggi...bisa sangat
fatal sekali jadinya.

Mohon maaf seandainya, tulisan saya ini kurang sopan ataupun salah.

Wassalam,
Muljadi

-------- Original-Nachricht --------
> [...]

> Tapi kini runtuah bagian balakangnyo sarato ratak2 bagian muko2.
> Tapi intu tambahan dari rumah induak.
> Rumah induak lai indak baa2 doh, karano walapun beton dan indak pakai
> ahli, lai dirancang dek rang gaek kami sakuek2nyo.
>
> Kok adoh informasi lengkap sarato bahan bacaan (buku, presentasi)
> tentang rumah kayu tahan gampo ko, kami tertarik bana untuak
> mancubonyo.
>
> Bisa ndak untuak rumah lantai 2?
> Bisa pulo ndak untuak nan pakai basement?
> Apo antisipasinyo terhadap fire hazard (kebakaran)?
>
> Mudah2an kalau lah salasai pemulihan dari bencana ko, adoh nan bisa

  • ... Dr.Saafroedin BAHAR
    • ... M. Ichlas El Qudsi (Michel)
      • ... Dr.Saafroedin BAHAR
        • ... asfarinal, asfarinal, asfarinal, asfarinal nanang, nanang, nanang, nanang
          • ... jamaludin mohyiddin
          • ... Fitr Tanjuang
            • ... asfarinal, asfarinal, asfarinal, asfarinal nanang, nanang, nanang, nanang
            • ... Dr.Saafroedin BAHAR
            • ... Muljadi Ali Basjah
          • ... Nochfrie Emir
            • ... jupardi_jp