YANUAR  MUIN

Oleh K Suheimi

Entah kenapa, tiba-tiba saya teringat pada beliau. Disaat-saat genting, disaat
musibah besar yang menimpa, disaat kita membutuhkan seseorang.
Biasanya setiap listrik mati saya teringat namanya. Tapi entah kenapa ketika
sulit menemukan seorang pemimpin dalam suasana sulit ini saya mengharap akan
kehadirannya

Pak Yanuar muin seseorang yang mampu mengatasi masalah karena di bidang tehnik
dialah ahlinya, disamping itu ke piawaiannya memimpin sesuatu  dan memotivasi
dan memberi semant anak buahnya
Kalau beliau yang memberi sambutan kita di bikinnya terpukau. Sehingga banyak
yang mendambakannya dulu untuk menjadi orang nomor satu di SUMBAR. Namun
harapan tinggal harapan, kenyataan berkata lain.
Namun hari ini saya dan mungkin kita si Minang  mendambakan seseorang yang bisa
untuk menentukan arah dan mencarikan jalan keluar persoalan yg pelik ini

Pak Yanuar Muin tak banyak berubah, rapi , segar rambutnya masih seperti dulu,
seakan usia tak begitu mempengaruhinya. Diusia senja 73 tahun beliau tampak
segar, kuat dan jalannyapun masih cepat.

Saya perhatikan orang yg dari dulu saya kagumi ini pada acara pertemuan urang
awak Minang di Istana Wakil Presiden, ketika Pak Yusuf Kalla mengundang berbuka

Siapa yan tak kenal dengan Pak Yanuar Muin. Dia adalah putra terbaik di Minang
Kabau

Mentri  PU Ir Sutami pernah mengendongnya nya di hadapan orang ramai ketika
peresmian PLTA Agam . Gendongan dokang dakak  ditepati Sutami sebagai janji
bila Yanuar Muin berhasil menggali menembus Bukit dari 2 arah yg berlawan ,
persis bertemu di tengah bukit tak meleset sedikitpun

Atas kerja keras dan prestasi ini maka pak mentri mengendong beliau. Dan nama
Yanuar Muinpun tak bisa lagi di pisahkan dari perlistrikkan, yang membawa nama
SUMBAR ke prestasi yang tinggi

Saat itu 2 nama yg sangat mengharumkan SUMBAR ialah Pak Azwar Anas dan Pak
Yanuar Muin

Di Sumaniak batu sangkar dekat sungai Tarab  kampung kalahiran Pak Yanuar,
disanalah Listrik masuk desa yg pertama. Negeri di pinggang Gunung Merapi itu
terang benderang. Maka di Sumaniak ini tak seorangpun yang tak kenal dengan
beliau. Keramahan dan keinginan berbuat untuk kampung sangat dirasakan
masyarakatnya. Setiap Hari Raya beliau selalu memberi Khutbah disana. Yanuar
Muinlah yg paling banyak dan tercurah perhatian membangun Sumaniak kampong
halamannya.

Karena dedikasi yg tinggi untuk kebaikkan dan  ke mashlahatan orang banyak,
namanya cepat berkibar, sehingga di elukan  untuk siap menjadi orang nomor satu
di Sumbar

Tapi entah apa sebabnya , beliau tak pernah memegang jabatan itu
Hari ini disaat di kampung saya dan daerah Sumatra listrik lebih banyak
matinya, semua orang ingat akan sebuah nama yaitu Yanuar Muin

Ketika di Rs PMC harus beli Travo yg besar merk Unindo, saya ingat Pak Yanuar;
disanalah Pak Yanuar Muin tetap membantu disaat PLN gelap Travo dan alat
listrik di buat beliau

Saya ngak dapat bayangkan andaikan Yanuar Muin menjadi orang nomor satu di
Sumbar, tentu Sumbar akan terang benderang, bahkan bisa mensuplay listriknya ke
Propinsi Tetangga

Saya pandang orang yang saya kagumi itu, Disuatu kesempatan saya salami dia.
Dia adalah Yanuar Muin yg mudah senyum dan sangat pandai beropidato

Ditangannya telah lahir banyak kebajikan, dia telah melakukan amal saleh dan di
dadanya penuh Imann, Pancaran Takwa terlukis di wajahnya. Dia putra terbaik
Minang Kabau
“Sebaik-baik kamu adalah yang paling bermanfaat bagi sesasmamu” pesan nabi,
saya kira kalimat itu telah di jalani oleh Yanuar Muin.

 Saya bahagia dapat bertemu dengan orang yang saya kagumi pada malam ini, malam
dimana saya dapat tugas memberi Tasiyah di Istana Wakil Presiden  menjelang
berbuka puasa.

Yanuar Muin lahir 9 Juni 1936 di Sumanik, Batusangkar-Sumatera Barat, dari
keluarga yang taat beribadah, mendapat didikan di surau. Dari suraulah januar
Muin mulai merancang cita-citanya untuk menjadi seorang Insinyur, karena di
surau Ustad menerangkan bagaimana heroiknya perjuangan Ir. Soekarno.

Sejak usianya masih sangat dini Januar Muin sudah mencanangkan cita-citanya
ingin menjadi Insinyur, sejak kecil sudah di didik dengan pendidikan
kemandirian, sambil sekolah Januar Muin membantu keluarganya memelihara
kambing, bebek, dan pagi hari Januar sudah dikenalkan dengan dunia usaha,
Januar yang masih berumur 6 tahun, menjunjung peti berisi sabun, dan menjajakan
sabun ke seputar desanya di Sumanik, sambil berteriak mempromosikan
dagangannya…sabun…oi…sabun. Kaki kecil di kedinginan pagi udara Sumanik ketika
lelah berputar berhenti sebentar, meletakan kotak sabun disisinya, sambil
menyeka keringatnya Januar berimajinasi, saya harus menjadi Insinyur, saya
harus sekolah ! cita citanya terus bersipongang… menjadi Insinyur.
“saya harus jadi Insinyur, akan ku bangun pembangkit listrik di Sumanik”.
Tekadnya.

Pak Yanuar Muin yang beberapa kali jadi anggota MPR  dan  mengetuai
berbagai-bagai organisasi

Ketua UNINDO  pembuat Travo besar , Travo –travo inilah yang banyak di pakai
sekarang
Minang punya asset yang luar biasa, mempunyai putra terbaik namanya  Yanuar
Muin

Untuk itu saya teringat akan sebuah Firman suciNya dalam Al Qur"an

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada
yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya
Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka; di antara mereka ada
yang beriman dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (QS. 3:110)

Pekanbaru 17 Oktober 2009

      Mencari semua teman di Yahoo! Messenger? Undang teman dari Hotmail, Gmail
ke Yahoo! Messenger dengan mudah sekarang! http://id.messenger.yahoo.com/invite/