Awalnya saya ga terlalu respon dengan isu ini, karena isu pemindahan SMA 1
Padang ke daerah yang lebih representatif sudah bergulir sejak saya masih
sekolah disana.
Namun, setelah membaca postingan di milist RN ternyata isu ini bukan isapan
jempol belaka.
Sebagai alumnim, tentu saja ada rasa penolakan terhadap relokasi ini, terutam
berkaitan dengan romansa, historis dan sebagainya. Namun sebagai warga kota
Padang, saya melihat dari sudut pandang lain. (Maaf, saya tidak bisa menilai
dari sisi agama, takut swalah tafsir).
1. Relokasi mungkin bisa saja dilakukan (dan memang seperti sedang di lakukan),
karena mungkin kondisi gedung yang kabarnya rusak parah. Namun yang saya
sesalkan kenapa relokasi bertempat di lokasi zona merah yang tidak jauh lebih
baikj dari lokasi lama. Saya rasa ada tempat2 lain, seperti Simpang Haru,
Tarandam atau Sawahan, atau di lokasi lain sepanjang jauh dari bibir pantai.
2. Bangunan SMANSA yang baru diusahan mirip atau mendekati bangunan asli/lama.
Paling tidak untuk beberapa sudut, karena itulah kekhasan dan romansa. Saya
yakin, SMANSA bukan cuma milik alumni namun seluruh masyarakt kota padang dan
SUMBAR, sekolah ini memiliki cerita dan historik yang panjang, saksi sejarah
perjuangan dan perjalanan kota padang. Jadi pantas rasanya kalau nilai2 ini
tetap di bangkitkan.
3. Bangunan lama, di lokasi yg lama jangan sampai di rubuhkan dan berganti jadi
ruko. Kembalikan seperti semula,m khsuusnya banguinan Belanda. Mungkin gedung
lama SMANSA bisa dijadikan museum Pendidikan Sumatera Barat. Paling tidak,
sisa-sisa romantika SMA ini, dari sejak zaman Belanda, Permindo, SMANSA, SMUNSA
sampai kembali ke SMANSA masih bisa di nikmati.
4. Permasalahan sponsor dari yayasan Budha, ini harus di klarifikasi lagi.
Selama mereka tidak mencampuri dan menginfiltrasi denga ajaran2
Budha/Konfusian, saya rasa tidak ada salahnya, Hanya saja, memang sebaiknya
biaya ini dari lembaga/yayasan netral.

Salam

Bot Sosani Piliang
Just an Ordinary Man with Extra Ordinary Dream
www.botsosani.wordpress.com
Hp. 08123885300