From: Rita Desfitri Lukman <rita.desfi...@rantaunet.org>
Date: Mon, 7 Dec 2009 09:40:58
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: [...@ntau-net] "YOU KNOW, YOUNG LADY.... DR. SUTAN 'SHARIAR' WAS A
 WONDERFUL  LEADER".

"SUTAN SYAHRIR"

Beberapa hari yang lalu, selama 3 hari penuh Association of Asian Scholar
(AAS) bekerja sama dengan Indian Councill for World Affairs menyelenggarakan
Conference on Asian Relation di Barakkhamba, New Delhi. Temanya tentu saja
bagaimana negara sesama Asia harus mempersiapkan dirinya menghadapi
tantangan masa depan, baik itu di bidang ekonomi, politik, pemerintahan,
culture, bahkan bidang pertahanan. Sebagai anggota Asian Scholar, saya yang
kebetulan diundang mengikuti kegiatan tersebut, datang juga. Walaupun
sebenarnya saya tidak memahami secara mendalam semua itu, minimal saya
menyimak dan menambah wawasan tentang apa yang saya belum tahu.

Saya hanya menyimak-dan menyimak, ketika mantan sekretaris jenderal ASEAN
dari Singapura, Ambassador Ong Keng Yong mengungkapkan bahwa salah satu
kunci kekuatan ASEAN adalah tidak adanya yang merasa paling dominan diantara
10 membernya. Wakil Presiden India mengungkapkan garis kebijakan negaranya,
dan harapan akan kerja sama menyeluruh di Asia. Diplomat Jepang membahas
topik  "A Cold Peace" di Asia, atau Ambassador Sri Langka mengungkapkan
prospek kerja sama Asia dari perspektif Sri Langka.  Atau ketika staf ahli
pertahanan Malaysia membeberkan policy negaranya yang ibarat kancil
menghadapi rivalry antara dua gajah asia, Cina dan India. Menteri Luar
negeri India yang memang pengacara sekaligus olahragawan bahkan dengan kocak
menyodorkan ide brilian di bidang olahraga untuk mempererat persaudaraan di
Asia. Wah, wah, wah,...Saya yang tidak tahu apa-apa dengan beraneka topik
dan pembahasan itu hanya kagum dan terpana.

Tapi yang lebih membuat saya terpana (dan terharu serta bangga) adalah apa
yang saya lihat ketika hari pertama memasuki ruang depan tempat acara...
Tiga buah gambar besar permanen yang tergantung di dinding gedung utama
Sapru House milik Indian Councill for World Affair itu begitu menyita
perhatian saya. Gambar-gambar itu dipasang menonjol diantara gambar-gambar
lainnya.

Kontan saya melangkah lebih dekat, memandang lebih jelas gambar orang yang
sering saya lihat wajahnya dalam buku-buku sejarah pergerakan kemerdekaan
Indonesia. Tanpa sadar saya langsung mengeluarkan kamera kesayangan saya dan
asyik memotret gambar-gambar di dinding tersebut, tanpa peduli teman dan
suasana sekitar, sampai akhirnya seorang diplomat senior India menyentuh
bahu saya dan menyapa ramah.. "Young lady, you must be from Indonesia..."
Lho, darimana tuan tahu? saya bertanya sambil membalas senyumnya. Ya...
tahu...., karena kamu melihat gambar Dr. Sutan "Shariar" dengan begitu rupa,
sambungnya tertawa. Saya pun ikut tertawa mendengar gurauannya.

Memang "Syahrir" di tulis orang India di sini dengan "Shariar" walaupun
membacanya tetap kedengaran "Syahrir". Dan gambar besar di dinding gedung
Sapru Haouse, Indian Councill for World Affairs ini adalah gambar 'Dr. Sutan
Shariar' waktu ke New Delhi memimpin delegasi Indonesia mengikuti konferensi
Asian Relation tahun 1947 dulu, sambungnya menerangkan. Saya
mengangguk-angguk karena memang ada tulisan keterangan di bawah gambar.

Setelah berkenalan lebih lanjut, Bapak itu bercerita bahwa di tahun 1947
dulu, ia masih kecil. Tapi saat itu nama Nehru, Sukarno, Hatta, dan
"Shariar" sangat bergema di kawasan Asia. Dan ketika Syahrir datang ke New
Delhi tahun 1947, dia sangat dikagumi karena ketokohannya. "YOU KNOW, YOUNG
LADY.... DR. SUTAN 'SHARIAR'  WAS A WONDERFUL LEADER".  Dia muda, smart,
bijak, dan idealis, pujinya.

Pemimpin-pemimpin muda Indonesia waktu itu bersahabat begitu dekat dengan
pemimpin kami di India. Konon kabarnya lokasi tempat kedutaan Indonesia yang
sangat strategis di kompleks diplomat di Kautilya Marg, Chanakya Puri itu
dulu dipilihkan langsung oleh Pandit Jawaharlal  Nehru karena dekatnya
dengan Sukarno dan Hatta, sambungnya.

Saya mengangguk-angguk lagi, karena cerita tentang lokasi KBRI sudah saya
dengar juga dari yang lain. Memang kalau ada teman dari negara lain saya
ajak ke KBRI New Delhi, mereka juga memuji dan mengatakan betapa
strategisnya lokasi kedutaan Indonesia, karena semua 'gate'nya menghadap ke
jalan utama kota yang setengah melingkar membentuk huruf U bagian bawah atau
di lokasi yang berbentuk sepatu kuda.

Pengalaman selama tinggal di sini juga menunjukkan bahwa generasi-generasi
tua di India biasanya langsung bersikap lebih ramah kepada kita begitu
mereka tahu kita dari Indonesia.

Pembicaraan saya dengan bapak diplomat senior India itu terhenti karena
lonceng tanda konferensi sessi berikutnya akan di mulai. Melangkah menuju
ruang auditorium, saya sibuk dengan pemikiran saya sendiri. Dalam hati saya
berdoa, Ya Allah... semoga di masa datang...., Syahrir-Syahrir muda akan
kembali menghiasi kehidupan negara ini dan kembali mengharumkan negeri
ini....

Salam,

New Delhi, 7 Desember 2009

Rita Desfitri