Diluar saya setuju dengan sudut pandang Ajo, saya ingin menambahkan
sedikit dengan pendapat dibawah ini, belajar dari kasus koin untuk Prita.

Situasi sosial itu sepertinya sudah muncul. Suksesnya gerakan koin untuk
prita memberikan pesan bahwa masyarakat sedang membutuhkan icon-icon
baru demokratisasi dan perlawanan kepada ketidakadilan yang lebih
terjangkau dari arras pikiran, penalaran dan pemahaman mereka.
Sepertinya telinga mereka telah "pekak" dan mata mereka telah "bercirit"
melihat model-model kampanye yang sarat dengan janji dan simbol-simbol
yang tak terpahami, lebih parahnya tidak bertemu dalam alam kenyataan.
Mereka bersimpati kepada  Prita  bukan  karena  Prita  politisi  atau
calon  politisi,  tapi  mereka  merasa  menemukan  diri  mereka
sendiri  dalam  diam  dan senyum piasnya prita. Mereka muak dengan
kampanye politik dengan jurus "mengepit daun kunik", dengan jurus
kampanye "manyumpah dibaliak gunuang", mereka muak dengan sistem yang
sudah tidak bekerja lagi untuk mereka.

Harapan saya pribadi, saya ingin melihat satu tokoh Minangkabau
alternatif yang berpengaruh dan berpikiran terbuka yang konsisiten di
jalur diluar kekuasaan. Dia akan jadi katalisator di tengah orang-orang
yang "Ba hondoh Pondoh" dengan berbagai cara masuk ke wilayah kekuasaan.

Saya kira ada satu syarat yang sudah lama tercecer yang dulunya menjadi
sendi dasar ketokohan orang Minangkabau yaitu keberanian mengatakan
kebenaran, kesesuaian antara apa yang diucapkan dengan yang dilakukan.
Saya lihat seorang Hatta, Tan Malaka, Syahrir, haji Agus Salim, HAMKA
adalah orang-orang yang memaknai betul bagaimana menselaraskan apa yang
diucapkan dengan apa yang dilakukan, sehingga mereka terpilih di
panggung ketokohan bukan karena "Terbawa Rendong", bukan hanya sekedar
"Mantimun Bungkuk" dan tentu saja bukan karena "Bahondoh Pondoh"
mencicipi manisnya kekuasaan.

Mereka paham betul "Nan luruih makanan banang-Nan bungkuak makanan siku,
kok tagang bajelo-jelo, kok kandua badantiang-dantiang, kok kareh indak
bisa ditakiak, kok lunak indak kadimakan sudu".

Saya rindu tokoh itu.

Salam

andiko