Terima kasih atas tanggapannya Sanak Ahmad Ridha.
Salam.

Terkirim dari telepon Nokia saya
-----Pesan Asli-----
Dari: Ahmad Ridha
Terkirim:  02-01-2010 22.11.47
Subjek:  Re: [...@ntau-net] OOT: apa arti Gus Dur untuk Minangkabau ?

2010/1/2 Dr.Saafroedin BAHAR <saaf10...@yahoo.com>

> Assalamualaikum w.w. para sanak sa palanta,

Wa'alaykumus salaam warahmatullahi wabarakaatuh,

> Gus Dur telah wafat dan sebagai seorang tokoh nasional, beliau telah
> mengguratkan peranannya dalam sejarah. Orang
> sudah melupakan kekurangannya dan hanya mengenang kebaikannya, dan
> kebaikannya itu lumayan banyak, salah satu
> di antaranya tentang kegigihannya memperjuangkan pluralisme dan
> multikulturalisme, yang intinya adalah kesediaan
> untuk mengakui bahwa masih ada orang lain di samping kita, yang harus
> dihargai dan dihormati. [Saya kok terkenang
> dengan 'Piagam Madinah' yang esensinya juga sama].

Saya berharap bahwa pluralisme yang Bapak maksud bukanlah dalam
konteks agama sebagaimana yang diperjuangkan orang-orang liberal. Saya
juga merasa aneh jika Bapak hubungkan dengan Piagam Madinah. Terlebih
lagi jika dilihat syari'at secara lebih luas dan implementasi
konkretnya.

--
Abu 'Abdirrahman, Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)