Alhamdulillah saya sudah sampai lagi di Pekanbaru

Semenjak Pak Sa'af memposting subject "Panglima Laout" di palamta ini, saya.
sangat menikmati ulasan, pendapat dan komentar dari Sanak Suryadi, Andiko, Mak
Darul dan tentunya Pak Sa'af yang begitu responsif dan antusias menindaklanjuti
topik tentang dunia Perikanan (dalam arti yang luas) ranah minang kita tercinta
terutama ranah pesisir pantai barat sumatera

Menarik sekali bagi saya kajian Bpk2 semua yang membahasnya dari segi sosial,
budaya, tradisi dan sejarah tentang "Panglima Laut" ini dan bagi saya pribadi
tentu sebuah pengetahuan. Atau wawasan yang saya dapat jika berbicara sudah
dalam kerangka "keilmuan", seperti apa yang disampaikan sanak Suryadi saya baru
tahu dan apa artinya "shadow culture" dengan sebuah analogi yang sangat mudah
dimengerti orang awam sekalipun yaitu tentang film Rambo

Berbicara tentang "Panglima Laot" sebuah jabatan adat di Aceh sesuai dengan
artikel yang Pak Sa'af posting tersebut, saya sedikit banyak punya pengalaman
lapangan saat pernah bekerja di pulau Simeulue. NAD dan berkenalan dengan
"Panglima Laot" yang berkedudukan di Teupah Barat (sebuah kecamatan bagian dari
Kab Simeulue) kami sering meminjam atau menyewa fibet boat PL ini untuk kepulau
Teupah yang terletak di depan ibu kota Kecamatan dan PL ini boleh dikatakan
tidak asing lagi bagi saya, karena pada hari libur saya dan temen2 sering pergi
memancing di peraian dangkal berkarang dengan boatnya

Jabatan PL memang sebuah jabatan adat yang cukup bergengsi dan disegani bagi
masyarakat yang hidupnya tergantung dari hasil laut (Nelayan dan
pekerja/mencari nafkah di sektor ikutannya baik secara lansung maupun tidak
lansung)

walau di tatanan kehidupan masyarakat nelayan ada pimpinan Kepala Dusun, Kepala
Desa (pak keucik), Camat dan Syahbandar itu lebih kepada birokrasi pemerintahan
tapi jika sudah menyangkut wilayah laut sangat terasa sekali hukum adat laut
yang diterapkan dipatuhi oleh masyarakat dibawah pimpinan PL, mulai pengaturan
penangkapan ikan disetiap wilayah perairan, iuran atau pajak tangkapan,
pengamanan wilayah yang menjadi kekuasaan PL (seperti jika ada kapal2
tradisional dari luar semisal nelayan dari Sibolga dan Nias maka harus melapor
dan minta izin ke PL) lalu masalah2 perselisihan nelayan sampai mengatur
mekanisme atau jual beli hasil tangkapan ikan dan non ikan lainnya

Itu dulu nanti kita sambung lagi sanak, banyak yang menarik disampai Andiko,
Pak Sa'af, Suryadi dan Mak Darul

Wass_Jepe