Add Ifah Rang Kayo nan Bijak Bestari.

Salut buat add yang ikut memerhati akan nasib kampung halaman kito (baca: Ranah
Bundo Kanduang, Minangkabau nan Maimbau).

Sementara banyak cadiak pandai, kaum adat (para datuak/niniak mamak) agak
kurang paham mendudukkan ABS SBK dengan semestinya.

Apalagi kalau add bicarakan kaum muda Minang kini, mereka sudah jauh dari itu
semua. Ndak perlu buat mereka,  itu karena salah kita juga, karena kita tidak
mendudukkan masalag ABS SBK dengan benar dan mencontohkannya agar mereka
merasakan nilainya.

Tahun 2000-an di Balikpapan surang ibunda asal Minang (ibu Upik) menikahkan
anaknya dengan orang Jogya, pakai adat Minang 100%. Kebetulan saya yang jadi
Pangatua Adatnya. Kita lakukan Pantun Adat sebagai pengganti pasambahan
menjelang tamu makan, kita bacakan asal-usul adat nan beradat, adat nan
diadatkan. Semua tamu orang Jawa (besan), Bugis, Banjar, Manado, Batak, yang
kebetulan hadir sangat terkesan dengan keagungan adat kita.

Tapi di kampung? Kita sendirilah yang bisa menjawabnya..

Bagus itu Ifah lontarkan agar dapat tanggapan.

Wassalam,
dasriel

Dapatkan alamat Email baru Anda!