From: Abraham Ilyas <abrahamil...@gmail.com>
Subject: Re: [...@ntau-net] Pantai Padang Lokasi Perdagangan Telur Penyu
Terbesar di Dunia
To: rantaunet@googlegroups.com
Date: Tuesday, February 9, 2010, 10:18 PM

Angku Bot S Piliang nan ambo hormati.

Tapi repotnya jualan/galeh nan mereka jajokan itu masih barupo hasil pemulungan
dari alam bebas atau hasil perburuan (belum hasil produksi budidaya, apalagi
hasil industri nan biaso digunokan oleh dunia Barat).

Mungkin aka mereka itu, nan bak diklasifikasikan oleh niniak niniak awak maso
saisuak. Tamasuak aka nan maa garan mereka nan bajualan itu?

Memang niniak awak indak mambuek gradasi dalam klasifikasi iko, tapi aka si
panjua tsb. pasti tamasuak ka dalam salah satu nan ampek iko...!

 Nan empat klasifikasi sifat akal orang

                            1. Akal panjang

                            2. Akal pendek
                            3. Akal banyak (banyak aka)
                            4. Akal berbelit

Kata "akal" di sini maksudnya "akal manusia" tapi disimbolkan fungsinya sebagai
"akar pada sebatang pohon"
Hal ini karena di dalam bahasa Minang "aka" bisa digunakan untuk menunjukkan
akal manusia maupun akar tumbuhan.

Jangan lupakan pesan moyang
Hidup berakal, mati beriman
Petuah diingat malam dan siang
Peribahasa berlaku sepanjang zaman

Supaya hidup tidak percuma
Pelihara akal agar tak rusak
Jauhkan diri dari malima

Buat batas, ambil jarak

Disebut orang berakal panjang
Menimbang arif, memutus bijaksana
Menjauhi marah atau berang
Pantang berucap kata yang hina

Lain lagi berakal pendek

Kerja yang tidak berencana
Tak belajar langsung praktek
Tujuan baik, hasil bencana

Banyak akal kata orang
Mendapat rejeki dengan mudah
Ketika dewasa hidupnya senang

Waktu kecil rajin sekolah

Akal berbelit orang penipu
Suatu saat masuk penjara
Karena itu jangan ditiru
Ingatlah diri sebelum sengsara

malima: maling, madon, main, minum, madat atau mencuri, melonte, berjudi,
mabuk-mabukan, narkoba

Salam dan maaf dari ambo nan cuma manaruihkan kato kato niniak awak sajo.

Salam

Abraham Ilyas 64 th
www.nagari.org

http://mail.yahoo.com