Dunsanak nan berbahagia.

Topik ko samakin berkembang mulai dari oto, sepeda motor, sapatu, sampai ka
ubek.
Jadi taragak lo ambo sato sakaki.

Brand image itu ada di benak konsumen.
Brand name ada di otak produsen.

Brand image membangun customer value (CV).
Brand name menentukan price (P)

Bagaimana hubungan keduanya?

CV = B/P

Dimana B: perceived benefits

CV > 1: konsumen 'merasa' diuntungkan
karena B>P

CV < 1: konsumen 'merasa' dirugikan
karena B<P

Back to the topic:
Bagaimana meningkatkan B untuk obat generik agar laku? Selain dengan cara
paksaan yang dilakukan oleh Depkes.

Menurut saya tidak sulit: buat iklan testimoni.

Caranya:
Lihatkan dalam iklan bahwa Ibunda SBY Hj. Siti Habibah nan sadang sakik kini
benar-benar menggunakan obat generik. Beranikah?
Wallahualam

Saya yakin ini akan mengubah consumer behavior dalam waktu singkat terhadap
obat generik tanpa harus memaksa RS, dokter atau paramedis.  Sesuatu yang
dipaksakan seringkali tidak langgeng.

Dan jan lupo jo 3P marketing mix nan lain.

Wassalam,
ZulTan,
L, 49+, Bogor

Pada Sel, 02 Mar 2010 22:38 EST Riri Mairizal Chaidir menulis:

>Waaliakumsalam Wr.Wb
>

>Z, iyo, nice point: harga yang wajar itu juo berhubungan dengan tingkat
>pengenalan konsumen tentang barang yang akan dibeli.
>

>Tapi kalau dibeberapa hal, kan pembeli tidak sempat punya pengenalan, dan
>tidak punya pilihan. Misalnya dalam hal obat2an (ambo indak lho mangarati
>do). Kan pembeli obat (kalau yang pakai resep) itu kan "dipilihkan" merk
>dagangnya.
>

>Eniwei, kalau untuak ubek, kalau keputusan Menkes nan dilewakan Uda Abraham
>tadi - kalau efektif di lapangan - sudah menjawab pertanyaan ambo.

> [...]

      Berselancar lebih cepat. Internet Explorer 8 yang dioptimalkan untuk
Yahoo! otomatis membuka 2 halaman favorit Anda setiap kali Anda membuka
browser. Dapatkan IE8 di sini!