2010/4/18 Madahar (madahar) <mada...@chevron.com>:
> Sanak Ridha, baa pulo kapado urang nan suko mambuka aib urang lain
> saroman contoh sanak Syof dibawah. Lah jaleh inyo dipicayo untuak
> mamelok i nan rusak tapi nyo pareso nan indak diandok an urang sudah tu
> nyo pakecek an pulo ka urang jo pasan iko rasio awak baduo. Sudah tu dek
> kawan ko di kecek an pulo ka kawannyo iko rasio awak baduo dan baitulah
> sataruihnyo.

Masalah membuka aib orang lain hukum dasarnya memang haram.  Akan
tetapi, ada beberapa pengeculian terhadapnya misalnya:

1. dalam persidangan
2. untuk mencegah bahaya dari orang lain (mis. si A mau berbisnis
dengan si B lalu si C yang mengetahui bahwa si B pernah menipu
menyampaikannya kepada A agar berhati-hati)
3. untuk menghentikan keburukan itu (mis. si A menyampaikan kesalahan
si B kepada orang tua atau atasan B agar dapat menghentikannya)

Mengenai kasus yang disinggung Pak Syof, saya berprasangka bahwa tidak
ditujukan untuk menjelekkan orangnya karena tidak disebutkan
identitasnya.  Penyebutan partai saya kira dalam konteks bahwa pemilik
laptop itu mengetahui bahwa hal tersebut haram.

Akan lebih baik jika masalah itu juga disampaikan kepada pemilik
laptop itu atau pihak yang mampu mengubah keburukan itu.

Allahu Ta'ala a'lam.

--
Abu 'Abdirrahman, Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)