Assalaamu'alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuhu

Saya kopikan hadits riwayat Muslim (no. 2496 dalam kitab shahih Muslim)
untuk kisah ini yang kami bahas dua minggu yang lalu di masjid;

*Kisah tiga orang penderita cacad*

* *

(2496) Dari Abu Hurairah  r.a., katanya dia mendengar Rasulullah SAW
bercerita; ‘Ada tiga orang Bani Israil penderita cacad, masing-masing
penderita kusta, berkepala botak dan buta. Allah Ta’ala bermaksud hendak
menguji mereka. Lalu Allah mengirim seorang malaikat kepada mereka.
Mula-mula didatanginya penderita kusta seraya berkata kepadanya, ‘Apakah
yang paling engkau sukai?’ Jawabnya, ‘Warna dan kulit yang bagus, serta
kesembuhan dari penyakit yang menyebabkan orang merasa jijik kepadaku.’ Maka
diusapnya orang itu, lalu sembuh penyakitnya. Kemudian diberinya dia warna
dan kulit yang bagus. Kata malaikat, ‘Harta apa yang paling engkau sukai?’
Jawab orang itu, ‘Unta!’ Lalu diberinya unta bunting yang hampir beranak.
Malaikat mendoakannya, ‘Semoga Allah memberi berkat bagimu dengan pemberian
ini.’ Sesudah itu malaikat mendatangi orang berkepala botak. Katanya, ‘Apa
yang paling engkau sukai?’ Jawab orang itu, ‘Rambut indah dan hilangnya ‘aib
yang menyebabkan orang benci kepadaku.’ Maka diusapnya orang itu, lalu
hilanglah ‘aib dari dirinya. Kemudian diberinya pula rambut yang indah.
Tanya malaikat, ‘Harta apa yang paling engkau sukai?’ Jawab orang itu,
‘Sapi!’ Maka diberinya orang itu sapi bunting seraya berkata, ‘Semoga Allah
memberkati kamu dengan pemberian ini.’ Kemudian malaikat mendatangi orang
buta seraya berkata, ‘Apakah yang paling engkau sukai?’ Jawab orang buta,
‘Semoga Allah mengembalikan penglihatanku supaya aku dapat melihat orang
banyak.’ Maka diusapnya orang buta itu, lalu dia dapat melihat. Kata
malaikat, ‘Harta apa yang paling engkau sukai?’ Jawab orang buta, ‘Kambing!’
Lalu diberinya orang itu kambing serta anaknya. Maka berkembang biaklah
ternak-ternak pemberian  malaikat itu. Unta menjadi satu lembah penuh, sapi
menjadi satu lembah penuh dan kambing penuh pula di satu lembah. Beberapa
waktu kemudian, malaikat mendatangi si penderita kusta, dengan rupa dan
keadaan seperti dia dahulu. Kata malaikat, ‘Aku seorang miskin. Dan aku
kehabisan perbekalan dalam perjalananku yang masih jauh. Sekarang tidak ada
yang dapat menyampaikanku ke tujuanku melainkan hanya pertolongan Allah
melalui pertolongan anda. Karena itu aku mohon kepada anda dengan nama Allah
yang telah memberi anda warna dan kulit yang bagus serta ternak unta.
Sudilah anda memberiku sekedar perbekalan untuk sampai ke tujuanku.’ Jawab
orang itu, ‘Aku banyak tanggungan.’ Kata malaikat, ‘Aku seolah-olah masih
ingat kepadamu. Bukankah engkau si penderita kusta yang dijijiki orang
dahulu? Tadinya engkau miskin, lalu diberi Allah rezeki.’ Jawab orang itu,
‘Harta ini kuwarisi dari nenek moyangku orang terhormat.’ Kata malaikat,
‘Jika engkau dusta, maka Allah mengembalikanmu kepada keadaanmu semula.’
Kemudian didatanginya pula orang botak dengan rupa seperti rupanya dahulu
seraya berkata kepadanya seperti dikatakan malaikat itu kepada penderita
kusta. Orang itu menolak permintaan malaikat seperti halnya penderita kusta.
Kata malaikat, ‘Jika engkau dusta, Allah mengembalikanmu kepada keadaanmu
semula.’ Kemudian didatanginya pula orang buta dengan rupa dan keadaan
seperti orang itu dahulu. Kata malaikat, ‘Aku miskin dan aku ibnu Sabil (=
pengembara). Aku kehabisan perbekalan dalam perjalanan. Tidak ada yang dapat
menolong menyampaikanku ke tujuan, melainkan hanya Allah, kemudian anda.
Maka komohon pada anda atas nama Allah yang telah mengembalikan penglihatan
anda, semoga anda sudi memberikan seekor kambing supaya aku sampai ke
tujuanku.’ Jawab orang itu, ‘Dahulu aku buta, kemudian Allah mengembalikan
penglihatanku dan diberi Nya aku ternak ini. Ambillah seberapa engkau
perlukan dan tinggalkan sisanya menurut kehendakmu. Demi Allah aku tidak
keberatan sedikit juapun terhadap apa yang anda ambil karena Allah.’ Jawab
malaikat, ‘Tidak! Tahanlah harta anda. Sesungguhnya aku hanya menguji anda.
Anda sungguh diridhai Allah, sedangkan kedua sahabat anda dimurkai Nya.’

Wassalamu'alaikum,