Pak Saaf,

Ambo ndak tau do Pak. Ambo partamo mandanga tentang rencana tol ko dari
posting sanak Bot, nan datang ka Pameran Infrastruktur Asia Pasifik. Sudah
tu ambo cari2 di internet, informasi nan ado cuma yang berasal dari Pameran
nan disabuik Bot itu sajo. Di situ disebutkan bahwa Pemerintah menawarkan 30
ruas tol, 15 diantaranya merupakan prioritas, 15 lainnya menunggu
partnership. Jalan Tol Bukittinggi - Padangpanjang - Lubukaluang ko tamasuk
kelompok kaduo, artinyo manunggu ado investro swasta nan berminat (berita
nyo ambo copy kan di bawah). Dan manurui Bot (ambo pun mengaminkan), tipis
kemungkinan ada swasta yang berminat berinvestasi jalan tol di situ.

Jadi kalau manuruik ambo, Pak. Untuak tahap awal ko, Pak Saaf cukuik
"mahoyak" Mendagri dengan "kita butuh jalan" ... masalah teknisnyo, bia lah
pihak yang berwenang memutuskan.

Wassalam
Riri
Bekasi

http://economy.okezone.com/read/2010/04/15/320/323054/menteri-pu-tawarkan-30-proyek-jalan-tol-rp148-2-t
*JAKARTA - *Kementerian Pekerjaan Umum (PU) berencana menawarkan 30 proyek
jalan tol dalam Konferensi dan Pameran Infrastruktur Asia Pasifik kali ini.
Nilai dana investasi yang rencananya bakal diserap mencapai Rp142,8 triliun.

"Total dananya mencapai Rp142,8 triliun dalam bentuk 30 proyek jalan tol,"
ujar Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, dalam acara *Asia Pacific
Ministerial Conference on Public Private Partnerships (PPP) for
Infrastructure Development 2010, *di Jakarta, Kamis (15/4/2010).

Dalam 30 proyek tersebut, terdiri dari lima belas proyek yang akan
dipriritaskan dan lima belas *potential project *yang bisa dikembangkan
melalui mekanisme *Public Private Partnership *(PPP).

Kemudian, Kelima belas yang diprioritaskan di antaranya Jalan Tol
Medan-Kuala Namu-Tebing Tinggi, Palembang-Indralaya,
Cileunyi-Sumedang-Dawuan, Tegineneng-Babatan, Sukabumi-Ciranjang,
Pasirkoja-Soreang, Pandaan- Malang, Medan-Binjai, Kemayoran-Kampung Melayu,
Sunter-Rawa Buaya- Batu Ceper, Ulujami-Tanah Abang, Pasar Minggu-Casablanca,
Sunter-Pulo Gebang-Tambelang, Duri Pulo-Kampung Melayu serta Terusan
Pasteur- Ujung Berung-Cileunyi-Gede Bage.

Sedangkan potensial proyek yaitu Pekanbaru-Kandis-Dumai, Manado- Bitung,
Kisaran-Tebing Tinggi, Bukit Tinggi-Padang Panjang-Lubuk Alung- Padang,
Terbanggi Besar-Menggala-Pematang Panggang, Bakauheni- Terbanggi Besar,
Cilegon-Bojonegara, Kamal-Teluk Naga-Batu Ceper, Gede Bage-Majalaya,
Semarang-Demak, Yogyakarta-Bawen, Yogyakarta- Solo, Bandara Juanda-Tanjung
Perak, Probolinggo-Banyuwangi dan Batu Ampar-Muka Kuning-Bandara Hang Nadim.
(*wdi*)