--- In rantau...@yahoogroups.com, hanifah daman <iffa...@...> wrote:

> Assalammualaikum Wr Wb bapak Darwin Yth
>
> Wah ternyata pak Darwin jagoan nulis ...  seperti membaca karya Makmur
> Hendrik ..

Walaikumussalam Ifah

Salah satu pertimbangan saya mengirim ulang Balada si Samsu adalah untuk
`maangekkan' Ifah agar menulis cerpen yang saya yakin pasti lebih baik daripada
saya. Perempuan yang mempunyai sensitivitas dalam menulis seperti Ifah umumnya
lebih mampu menulis lebih subtil. Kalau Ifah yang menulis Samsu Part II pasti
akan lebih indah karena Ifah lebih mampu menuangkannya dalam simbol-simbol
tanpa kehilangan `gregetnya'. Hal itu karena cara perempuan\ memaknai,
menikmati dan  mengartikulasikan seks berbeda dengan pria

(bukan baitu pak doto Emi?)

BTW, kalau Ifah membaca cerpen di Kompas Minggu 30 Mei yang lalu, saya yakin
Ifah sependapat dengan saya bahwa cerpen tersebut tidak terlalu istemewa dalam
narasi maupun substansi. Hanya cerita itu jadi menarik karena settingnya
masyarakat Bali yang secara tradisional berbagai pekerjaan; dari mengurus rumah
tangga sampai mencari nafkah dilakukan oleh perempuan; sementara para suami
lebih banyak berleha-laha, bersenang-senang dengan burung atau mengadu ayam.

Di budaya kita juga banyak hal-hal menarik yang bisa diangkat, seperti yang
dengan jenaka dulu didendangkan oleh Cik Unieng Elly Kasim tentang perempuan
yang bersuamikan sopie oto yang babini di tiok nagari, atau perempuan\ yang
bersuamikan laki-laki yang lebih sayang kepada anjing piaraannya yang
digunakannya untuk berburu babi.

Saya yakin Ifah pasti bisa, Insya Allah

Wassalam, HDB-SBK (67-)