From: Riri Chaidir <riri.chai...@rantaunet.org>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Mon, 21 Jun 2010 07:24:43
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: [...@ntau-net] Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR)

Waalaikumsalam wr,.wb.

Pak Saaf, numpang komentar tentang istilah "Tungku".

Kalau yang saya baca2, istilah "Tungku Tigo Sajarangan" itu karena ada 3
fihak yang memiliki otoritas kepemimpinan pada waktu itu, dan - mungkin -
model pada waktu istilah itu diciptakan, rata2 tungku itu tigo sajarangan.

Kalau ternyata sekarang kita berpikir bukan lagi tiga pihak lagi, mungkin
tidak perlu "dipaksakan" menggunakan istilah Tungku Limo (atau ampek atau
berapapun) Sajarangan. Sebagaimana pernah di diskusikan di Palanta, ada yang
mengatakan, tungku jaman sekarang/ kompor gas itu "ampek sajarangan".
Bahkan kalau awak masuak ka dapua, banyak pulo tungku/ kompor nan modelnyo
cuma pakai hot plate, jadi "nol sajarangan".

Yang lebih penting adalah merumuskan, kalau memang ada berbagai pihak yang
punya otoritas dalam kepemimpinan, bagaimana mekanismenya?

Riri
Bekasi, l, 48

2010/6/20 Dr. Saafroedin Bahar <saaf10...@yahoo.com>

> [...]
> sejenis. Namanya 'Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau' (FKPMR). Jelas
> format,fungsi, dan isinya, yg bisa disesuaikan dgn kebutuhan zaman.
>
> Bagaimana kalau wadah yg akan dibentuk melalui KKM 2010 yad dinamakan FORUM
> KOMUNIKASI PEMUKA MASYARAKAT MINANGKABAU (FKPMM) ? Isinya ya perwakilan
> ninik mamak/penghulu, alim ulama, cadiak pandai, tokoh pemuda, tokoh bundo
> kanduang, dan tokoh-tokoh lain yang dipandang perlu.
>
> Wassalam,
> SB.
> SB, Lk, 73 th, Jkt. Powered by Telkomsel BlackBerry®

Posting yang berasal dari Palanta RantauNet ini, jika dipublikasikan di tempat
  2. E-mail attachment, tawarkan di sini dan kirim melalui jalur pribadi;
- Tulis Nama, Umur dan Lokasi pada setiap posting
- Hapus footer dan seluruh bagian tidak perlu dalam melakukan reply
- Untuk topik/subjek baru buat e-mail baru, tidak me-reply e-mail lama dan
mengganti subjeknya.