Assalamualaikum wr wb

Pak Azmi Dt Bagindo yang saya hormati, sekali lagi saya tegaskan, tidak ada pak
Saaf yang menunjuk hidung pak Azmi Dt Bagindo selaku Sekum LAKM & pak M Sayuti
Dt Rajo Panghulu selaku ketua LKAAM Sumbar sebagai pihak yang mengembosi KKM
2010. Sekali lagi saya tegaskan, bahwa yang menyebutkan hal itu adalah saya
sendiri saja. Mengapa saya sebutkan demikian karena saya tentu punya alasan
sendiri. Saya kira untuk itu tidak perlu pepatah petitih berpanjang-panjang
yang
bisa lari ke kiri & ke kanan untuk dibawa dalam rundingan ini, kalau hendak
berpepatah petitih juga, saya kira seluruh isi buku 1000 pepatah petitih
tulisan
Angku Idrus Hakimy Dt Rajo Panghulu bisa saya postingkan disini dan bisa kita
pilih-pilih yang mana yang cocok untuk topik ini.

Kembali pada persoalan, sebagai orang minangkabau, seluruh persoalan harusnya
kita bawa dalam musyawarah & mufakat. Saya kira pak Azmi Dt Bagindo paham
sekali
tentang hal ini, sebagaimana penghulu di minangkabau yang sangat menjunjung
nilai musyawarah & mufakat tersebut. Oleh karena itu pula, yang saya sangat
herankan adalah : mengapa pak Azmi Dt Bagindo menghindari musyawarah & mufakat
tersebut ?, dengan keluar dari SC KKM 2010 ? Dan yang saya sangat heran lagi
adalah pak Azmi Dt Bagindo melewakan perihal pengunduran diri dari jajaran SC
KKM 2010 di milis RantauNet, yang saya kira kurang etis & tidak pada tempatnya
melewakan hal tersebut sebab hanya sebagian saja penghulu ada di milis ini,
akan
lain persoalannya apabila pak Azmi Dt Bagindo bukan seorang penghulu.

Karena itu pula yang menjadi kesimpulan saya bahwa pak Azmi Dt Bagindo mulai
mengembosi KKM 2010. Dan saya kurang respek kepada pak Azmi Dt Bagindo, karena
sebagai penghulu, bapak malah menghindar dari musyawarah & mufakat yang selama
ini kita junjung tinggi dalam filosofi masyarakat adat minangkabau.

Dari jajaran SC KKM 2010, saya melihat ada sekurang-kurangnya 2 penghulu lagi,
yaitu  pak Farhan Muin Dt Bagindo  & pak Ermasyah Jamin Dt Tanmaliputi. Sebagai
seorang penghulu, saya kira ini salah satu kekhilafan besar yang pak Azmi Dt
Bagindo lakukan, dan bapak tambahkan pula dengan melewakannya di Milis
RantauNet
ini.

Kalau sekiranya ada hal-hal yang bersinggungan dengan pribadi SC yang lain,
yang
mana orang yang bersangkutan itu bukanlah seorang penghulu, seperti pak Saaf &
pak Amri Azis, saya kira ada baiknya hal itu juga tidak disampaikan dalam milis
RantauNet ini, sebaiknya bisa disampaikan pada penghulu pak Saaf & penghulu pak
Amri Azis.

Masih ada lagi beberapa keberatan saya, namun cukup yang satu ini saja dulu
saya
kembalikan pada pak Azmi Dt Bagindo & sebagai seorang penghulu juga saya
sebenarnya sangat keberatan membahas masalah ini di milis RantauNet, karena
postingan saya ini dibaca seluruh member RantauNet, yang mana seharusnya hanya
boleh diketahui oleh para Penghulu saja, namun karena sejak tanggal  3 April
2010 pak Azmi Dt Bagindo sudah mempostingan topik berjudul Pengunduran Diri
Dari
Anggota  SC KKM 2010, saya dengan sangat terpaksa membahas masalah ini dengan
pak Azmi Dt Bagindo dan dibaca oleh seluruh member yang tergabung di milis
RantauNet ini, banyak maaf.

Rundingan anak kemanakan selalu diwakili oleh mamak masing-masing.
Rundingan rumah gadang dengan rumah gadang, selalu diwakili oleh tugganai
masing-masing
Rundingan Kaum dengan Kaum, selalu diwakili oleh penghulu masing-masing.
Rundingan Nagari dengan Nagari, selalu diwakili oleh Kerapatan Adat Nagari
masing-masing
bersumber dari buku Undang Alam Adat Minangkabau.

wasalam

Armen Zulkarnain Dt Patiah Nan Paruik
Caniago Ambacang Kanagarian Kubang 50 Koto

Posting yang berasal dari Palanta RantauNet ini, jika dipublikasikan di tempat
  2. E-mail attachment, tawarkan di sini dan kirim melalui jalur pribadi;
- Tulis Nama, Umur dan Lokasi pada setiap posting
- Hapus footer dan seluruh bagian tidak perlu dalam melakukan reply
- Untuk topik/subjek baru buat e-mail baru, tidak me-reply e-mail lama dan
mengganti subjeknya.