Assalamualaikum Wr.Wb. yth. Para Dunsanak di Palanta.

Faktor utama adalah Iman, percaya diri (satabilitas individu) tersebut musti
kuat sekali. Biarpun sekolah di Sekolah Kristen sejak kecil, hidup didalam
(Dunia) Lingkungan Sosial Kristen. Mungkin menikah dengan orang Kristen.
Kalaulah manusianya ber-iman yang teguh, tetap tak bertukar Agamanya, walaupun
digoda oleh uang, carier, ini dan itu dll. dsb.
Malahan keturunannya bisa memeluk Agama Islam tersebut, kendatipun hidup
didunia lingkungan Kristen.

Menurut saya pribadi, hubungan keagamaan  Vertikal (antara individu dengan
Allah), itu urusan pribadi masing2 dan tanggung jawab sendiri2.
Hubungan keagamaan Horisontal (sesama manusia), tindakan2 aksi/reaksi
kekeluarga kecil/besar, ke-teman, ke-kerabat, bisnis dll. dsb. dsb.

Ideal, kalau berjalan baik dan lancar ke-dua2nya, serta kombinasi antara ilmu
dan agama, sebagusnya juga parallel.

Memang wajib, memberi tahu, kepada kaum kita yang bersalah, tetapi kalau
MENCIKARAUI orang lain.........., tolong dipikirkan dulu baik2 secara logika
yang sehat dan berlandaskan keagamaan, baik jangka panjang dan jangka pendeknya.
Nah kan lagi2 kembali ke-LOGIKA akal sehat....... sejauh mana daya pikir
analitis masing2 orang yang tergantung dari genetik, pendidikan formal dan
informal, pengalaman, serta status sosial seseorang.
Walaupun anak kembar,yang kira2 sama pendidikannya  bisa berbeda pendapat, dan
respekt kepada pendapat orang lain.

Hanya Allah yang tahu PASTI, bagaimana baik-buruknya seseorang itu, dan kenapa
dianya MURTAD.
Sekiranya ada seseorang MURTAD, apapun alasannya..... apakah itu bukan suatu
AKSI/REAKSI yang diterima siMURTAD dari LINGKUNGANNYA??????????????

Maaf kalau tidak sependapat, saya bukan ahli agama.

Wassalam,
Muljadi

-------- Original-Nachricht --------
> Datum: Wed, 18 Aug 2010 22:40:29 +0800 (SGT)
> Von: nal naldi <nalkom...@yahoo.com>
> An: rantaunet@googlegroups.com
> Betreff: Re: [...@ntau-net] gereja minang saiyo ??

> sekadar tambahan, mungkin ado ciek kemungkinan lai, kabatulan awak pernah
> basobok dan mangorek banyak informasi dari jando mudo (22) asal pariaman,
> tapi kini tingga di jakarta. Inyo ingin masuak kristen, karena ingin
> kebebasan. Ia beranak satu hasil perkosaan, kini carai dan anaknyo diasuh
> mantan
> lakinyo. Kini, jando mudo tu, hobi gonta ganti pasangan, seks bebas dan
> [...]

GMX DSL SOMMER-SPECIAL: Surf & Phone Flat 16.000 für nur 19,99 ¿/mtl.!*
http://portal.gmx.net/de/go/dsl

Posting yang berasal dari Palanta RantauNet ini, jika dipublikasikan di tempat
  2. E-mail attachment, tawarkan di sini dan kirim melalui jalur pribadi;
- Tulis Nama, Umur dan Lokasi pada setiap posting
- Hapus footer dan seluruh bagian tidak perlu dalam melakukan reply
- Untuk topik/subjek baru buat e-mail baru, tidak me-reply e-mail lama dan
mengganti subjeknya.