Alaah.... , kita janganlah terlalu sombong dengan mengatakan iman kita tidak
apa-apa,
tidak terpengaruh.... belum tentu...
Nabi saw. sendiri mengatakan Iman itu naik dan turun.... ( Al imaanu yaziidu wa
yamkus)
Lebih baik kita berlindung kepada Allah dari kelemahan iman bila ujian itu
datang.
Membentengi iman bukan berarti pengecut...
Saya punya pengalaman begini dunsanak...
Saya bersahabat dengan seorang Aceh yang saya anggap punya iman tebal,
shaleh, tinggi pengetahuan agama dan ta'at. Dan saat itu ia juga bersekolah
di Jepang mengambil S3, dia dosen di Univ, Syiah Kuala, Fakultas teknik,
Jurusan Teknik Kimia..
Dengan anggapan ia tidak akan apa-apa,... maka saya ceritakan suatu masalah
kepada
nya (sebenarnya ini berupa serangan kaum kuffar terhadap Islam), dengan maksud,
kalau suatu hari nanti ia mendapat serangan itu, maka ia akan siap.
Dan bila ia bingung nanti saya akan kemukakan jawaban kepadanya (tapi waktu
mengata-
kannya saya belum memberi jawabannya). Dengan maksud seperti itu, saya menyebut
masalah itu kepadanya. Apa yang terjadi setelah itu ?....
Mukanya merah seperti orang marah dan juga kebingungan ...
(seolah-olah ia tercampak dari agama yang dianutnya)
Lalu kemudian dia berkata , "Kok bapak ceritakan hal ini kepada saya".
Kemudian saya jelaskan maksudnya, bila nanti ada serangan seperti ini,
bapak bisa bertahan. Tapi dia dengan nada marah lagi berkata,
lebih baik bapak tidak ceritakan kepada saya.
Saya kemudian minta maaf dan meminta ia melupakannya.
Sampai hari ini saya tidak pernah lagi membahas hal itu dengannya.
  Jadi dunsanak,.... jangan terlalu sombong dan terlalu yakin dengan keimanan
yang
kita miliki, Alhamdulillah bila dunsanak tidak goyang, tapi tidak semua orang
punya
iman yang kuat, apalagi kalau logikanya tidak sampai dan ia tidak menemukan
jawabannya, baik dari pengetahuan, bacaan atau ada orang lain yang
menyampaikan.
(Kok lah bi santiang lo dunsanak kasadonyo, iman lah taba, dan yakin indak ka
goyang,
ampai bana lah. Kecek ambo ko, bagi urang-urang nan agak kurang-kurang, iman
agak
tipih, indak lo pandai bana ...baitu )

Wassalam

St. Sinaro