From: Lies Suryadi <niadil...@yahoo.co.id>
Subject: Re: SUMPAH SATIE MARAPALAM-->Re: [...@ntau-net] Gubernur Sumbar
Menolak KKM
To: rantaunet@googlegroups.com
Date: Monday, September 27, 2010, 12:48 PM

Sanak Bot dan Pak Saaf sarato dunsanak di lapau,
Saya kira tafsiran Sanak Bot perlu didiskusikan lebih lanjut. Saya sendiri
pernah melihat menhir2 itu, dan semua memang menghadap ke gunung.

Coba pikirkan mengapa SUMPAH SATIE BUKIT MARAPALAM itu diadakan di ATAS BUKIT,
bukan di sebuah surau atau mesjid?

Di internet saya lihat akan ada sebuah semniar mengenai "religions and the
mountains'di Nepal. Menarik untuk menulis makalah Sumpah Satie Bukik Marapalam
dalam konteks tema seminar itu.

Mengenenai kepercayaan orang Padang darat terhadap sigulambai, harimau jadi2an
(cindaku), begu, palasik, sijundai, dll. ada beberapa literatuur klasik,
misalnya tulisan2 Van Der Toorn, Brouwer, Ewestenenk, dll. Sekarang saya sedang
menulis satu pemngantar untuk novel PALASIK yang akan diterbitkan oleh Citra
Budaya, Padang. Mudah2an nanti dapat saya lewakan di palantan.

Wassalam,
Suryadi

--- Pada Sen, 27/9/10, Dr Saafroedin Bahar <saafroedin.ba...@rantaunet.org>