Fend,

Di satu sisi, memang Nigerian Scam - dengan berbagai versi nya - merupakan
"barang lamo". Kalau dibaco di literatur2 fraud, *penipuan model iko lah ado
sajak tahun 1920an*. Di mulai dari melalui surek, melaui fax, dan sejak
1990an melalui internet. Mungkin bisa juga dimasukkan ke dalam ini, yang
melalui YM dan SMS

*Kalau dari sisi si penerima, masalahnya relatif "sederhana".* Tinggal
pilih, mau percaya atau tidak. Kalau percaya,  dan ternyata itu penipuan, ya
ujungnya cuma satu, rugi uang

Tapi kalau *dari sisi kita sebagai "pengirim" (i.e. pemilik alamat email
yang dibajak), masalahnya tidak sesederhana itu.* Bagaimana "merebut
kembali" account yang dibajak?
Kalau tidakberhasil, berarti kita harus kehilangan account yang mungkin
sudah belasan tahun digunakan. Atau, walaupun kita tetap bisa mengakses
account, tapi seluruh email masuk sudah dia "kuasai", diforward langsung ke
account yang dia buat, atau setidaknya cipynya dikirim ke sana.
Belum lagi - seperti yang dialami urang rumah ambo  address book tu lah
dikosongkan nyo.

Jadi dek karano jadi korban pembajak email jauah lebih rumit urusannyo
dibandingkan penerima email scam, ambo ingin mengulangi kembali pasan untuak
diri ambo sendiri dan untuak dunsanak sadonyo:

1.      Password yang tidak sederhana, dan sering diganti

2.      Secret questions yang ditawarkan oleh emil provider bener2
dimanfaatkan, jangan sampai lupa

3.      Punya lebih dari satu email account ga rugi juga. Gunakan keduanya
untuk alamat notifikasi dari provider jika ada hal2 tertentu – misalnya
pergantian password account yang satu akan diinformasikan ke account yang
lain (siapa tau yang ngeganti password itu si Pembajak)

4.      Sering2 ngecek email, kalau memang punya fasilitas yang menungkinkan
email nya bisa diakses terus2an (mis, komputer terkoneksi terus2an ke
internet, atau pake BB) ya agar dimanfaatkan

5.      Kalau buat saya pribadi, mungkin saya termasuk ‘orang doeloe”, saya
masih pengguna POP3 yang setia, saya selalu pakai Microsoft Outlook untuk
ngakses email, kecuali kalau lagi pakai BB atau kepepet numpang ngemail ama
orang. Salah satu keuntungan POP3 adalah karena semua data (termasuk
AddressBook) ada di komputer kita, bukannya di server atau di langit sana J.
Memang tidak seluruh domain yang bisa pakai POP3 secara langsung. Kalau
@Yahoo, sejak beberapa tahun terakhir, harus bayar USD 19.99 per tahun. Tapi
rasanya tidak terlalu mahal juga dibanding manfaatnya.

Riri
48/L/bekasi