From: Armen Zulkarnain <emeneschoo...@yahoo.co.id>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Sat, 16 Oct 2010 19:50:57
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Bls: [...@ntau-net] FW: Kebijaksanaan Gubernur Sumbar untuk
 mengadakanpra KKM.

Assalamualaikum wr wb

pak Edy Utama & pak Saaf, izinkan saya memberikan sedikit pandangan saya
mengenai permasalah ini. Apabila kita memahami ala minangkabau - kedua belah
pihak sama-sama minangkabau - seharusnya kritikan mengenai KKM ini  sifatnya
"tukuak manukuak", bukan saling "patah mematahkan".

Saya kira banyak senior saya disini yang pernah belajar silek di surau-surau
sewaktu masih tinggal dikampung. Dalam silek minang setiap serangan tidak
lakukan dengan manahan secara frontal, tapi dilakukan dengan "memapahnya",
membelokan ke arah yang lain. Saya kira, terlalu banyak teknik-teknik yang
dilakukan meniru seni beladiri seperti Karate, Taekwondo, Judo  atau yang
sejenis. Beradu kareh dengan menahan secara frontal, tentu akhirnya kedua belah
pihak yang akan babak belur.

Terakhir saya melihat,  lebih aneh lagi, sebab alun sampai ka galanggang, pihak
nan manulak alah babaliak pulang. Apakah ini teknik seni beladiri yang lebih
baru? Terkadang bagi kami yang muda, lebih mudah saling memaafkan, saling
mengaku kekhilafan. Bukankah lebih baik berdamai saja? Saya kira posisi pak Edy
sangat mnguntungkan disini, sebab lebih diterima oleh pihak GM KKM dan lagi
pula
pak Edy Utama sudah menyebutkan sejak lama tidak memihak atau berada
ditengah-tengah. Bukan begitu pak Saaf ?

wasalam

AZ - 32 th
Padang
(kami nan mudo masih baraja basilek, sabab kato Rasullullah barajalah sampai ka
cino, ambo caliak banyak jurus kung fu nan kalua salamo ko)