Maaf, mungkin ini repost/

Waalaikumsalam wr.wb.

Kalau kita bertanya, apa sebetulnya tugas Mbah Marijan, itu memang
pertanyaan menarik.

Tapi kalau dari "judul" nama jabatannya (*yang kita belum pahami apa artnya*)
diteruskan dengan menilai Akidah yang bersangkutan, apalagi sebagai bahan
untuk membandingkan akidah suatu etnis dengan etnis lain?

Maaf, apakah kita tidak *menjadi terlalu ahli* jadinya?

Iko saketek nan ambo tau dari mambaco2 apo nan ado di berbagai media,
termasuk berbagai milis dan blog.

Kata "Juru Kunci" tidak harus berarti. bukan berarti "doorman" atau "panjago
pintu kereta" nan manjago "pintu" dalam arti harfiah.

Ambo raso, urang2 tu indak terlalu bodoh untuak bapikia gunuang tu paralu
dikunci do.

Tugas Mbah Marijan, itu adalah meng-arrange acara2 kraton di Merapi. Apakah
acara2 Kraton setiap tahun.

Nah, apakah acara ini "salah" atau "benar" menurut aqidah (atau menurut
kita?), perlu dipelajari lebih lanjut. Dan - maaf - satau ambo alun ado
Dunsanak di Palanta ko nan meneliti/ mempelajari masalah itu lai.

Kalau mbah Marijan ternyata melakukan sesuatu lebih dari yang ditugaskan
(eh, ini bukannya prestasai ya), itu bisa saja karena pengabdiannya kepada
Sultan. Bahkan Sultan HB X sendiri mangatakan bahwa Mbah Marijan salah
mempersepsikan tugasnya. (
http://www.tribun-medan.com/read/artikel/8008/Sultan-Mbah-Maridjan-Salah-Persepsikan-Tugasnya
 )

Tapi apakah kalau dia melaksanakan apa yang dia anggap tugasnya itu bisa
dijadikan basis untuk men "judge" Akidah seseorang? Mungkin perlu penelitian
sendiri tentang ini.

Sedikit yang saya tahu tentang Mbah Marijan adalah, disamping dia
melaksanakan tugasnya dengan penuh pengabdian (menurut pemahaman dia),
 adalah bagaimana dia memperlakukan uangnya.

Gajinya sebagi Abdi Dalem jelas kecil.

Suatu saat, ada yang berhasil membujuknya untuk menjadi bintang iklan. Dan
untuk itu dia dibayar 150 juta. Apakah gaya hidupnya berubah?
Tidak, dia tetap dengan kehidupannya yang biasa.

*Lalu uang 150 juta? Dibagikan ke tetangganya dan untuk membangun mesjid di
Dukuhnya. *(http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5727209 )

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun ...Semoga keluarga yang ditinggalkan
diberikan ketabahan.

Riri
48/L/bekasi