--- Pada Jum, 29/10/10, Riri Chaidir <riri.chai...@rantaunet.org> menulis:

Dari: Riri Chaidir <riri.chai...@rantaunet.org>
Judul: Re: [...@ntau-net] APA KITA TIDAK TERLALU AHLI MEN "JUDGE" AKIDAH
SESEORANG?
Kepada: rantaunet@googlegroups.com
Tanggal: Jumat, 29 Oktober, 2010, 6:50 AM

Ridha dan Bujang Pono.
Betul, upacara Labuhan.
Tapi apakah itu merupakan "pemberian sesaji pada Merapi"? Jawaban saya:
Tidak. Tentang "Labuhan" ini banyak sekali referensinya di internet, silahkan
di googling.

Dan apakah Labuhan itu berarti menjadi suatu basis untuk men judge tingka
Akidah sesorang, apalagi suatu Etnis?
Entahlah, saya sengaja tidak membahas ini, karena saya tidak mau menjadi
terlalu ahli yang bisa berbicara tentang semua hal.

Tapi kalau ada dunsanak yang ingin membahas kaitan antara Labuhan dengan Akidah
(baik sesorang maupun etnisnya), ya silahkan saja. Saya sama sekali tidak punya
kapabiltias tentang itu. Tapi numpang ciek, kalau memang itu mau dibahas, dan
mau mengarah ke kesimpulan bahwa akidah suatu etnis di bawah etnis awak, tolong
dibahas juo (walaupun telah berulang2) tentang balimau, hoyak tabuik, basapa,
dan bahkan madarahi tonggak tuo dst dst.

Riri48/L/bekasi