Pak Syamsir Syarif, alias Mak Ngah, alias Hambo Ciek,

     Untuang Mak Ngah batanyo, sahinggo ambo ado kesempatan pulo manjalehkannyo
sajauah nan ambo tahu. Kabatulan ambo lai sato mengikutinyo sajak dari proses
awal sampai dibao ke DPD-RI sagalo, dsb.
     Ambo ndak pernah jadi anggota DPR-RI. Ambo cuma pernah jadi anggota DPD-RI
(2004-2009) dan MPR-RI (1998-2009) wakil Sumbar. Masalah PP84 dibicarakan di
DPD-RI dan tidak di DPR-RI. DPD-RI, baik di PAH I (Otonomi Daerah) nan ambo
jadi anggota, maupun di Pleno. DPD-RI memutuskan meminta Pemerintah Pusat tidak
melaksanakan PP84 th 1999, dan menganjurkan kedua pemerintah Kota Bukittinggi
dan Kabupaten Agam bekerjasama yang saling menguntungkan (win-win solution)
dalam membangun kedua daerah tanpa merubah batas wilayah.
     Fakta di lapangan:
(1) Baik DPRD Kabupaten Agam maupun Pemda Kabupaten Agam, cq Bupati, di tingkat
terakhir, menolak PP84 dengan tidak membubuhkan tanda-tangan persetujuan mereka
untuk dilaksanakan. Dan Gubernur a/n pemerintah pusat tidak ada hak untuk
memaksakan, karena Kabupaten punya hak otonomi dalam mengatur urusan daerahnya
ke dalam.
(2) Para Wali Nagari se Kabupaten Agam -- sendirinya termasuk seluruh Wali
Nagari di Banuhampu dan Agam Timur (Agam Tuo) -- menolak PP84.
(3) Penolakan juga dilakukan oleh sebagian terbesar tokoh-tokoh masyarakat Agam
Timur, termasuk Banuhampu, baik di kampung maupun di rantau.
(4) Tokoh-tokoh masyarakat Banuhampu yang pernah mengadakan Mubes mengenai ini
(1986) hanya mengambil kesimpulan: Kalau satu Nagari tidak masuk, semua tidak
masuk. Tidak ada keputusan: Setuju Masuk Kota Bukittinggi. Kebetulan pada masa
Mubes th 1986 itu ada beberapa Nagari di Kecamatan Banuhampu-Sungai Pua yang
tidak tercantum untuk dimasukkan ke dalam Kota, kalau tidak salah, termasuk
Cingkariang, Sungai Tanang dan Pakan Sinayan, di bagian Banuhampu, dan Sungai
Pua dan Sariak Batu Palano, di bagian Sungai Pua.
(4) Di tingkat masyarakat, baik di Banuhampu maupun di Agam Timur, sendirinya
ada yang pro dan yang kontra masuk kota. Tapi dari pantauan saya, sebagai
sosiolog, karena tidak pernah ada angket dilakukan waktu itu, sampaipun hari
ini, hanya kelompok kecil saja, baik yang di kampung maupun yang di rantau,
yang setuju masuk kota.
(5) Yang saya, karena berbagai pertimbangan: menolak masuk Kota, tetapi
menganjurkan agar bekerjasama yang saling menguntungkan antara kedua pemerintah
Kota BT dan Kabupaten Agam dalam membangun kedua daerah bersebelahan itu, tanpa
merubah batas wilayah, dengan model seperti Jabodetabek, Yogya-Sleman dan
Surabaya-Sidoarjo. Dan pendapat saya ini sejalan dengan, dan didukung oleh,
Keputusan Pleno Lembaga Negara DPD-RI. Sendirinyo, masalah PP84 bukan hanyo
masalah satu2 Nagari nan direncanakan masuak kota Bukittinggi, tetapi juo
masalah Agam Tuo, masalah Kabupaten Agam, Provinsi Sumbar, masalah pemerintah
pusat, masalah DPD-RI, dan masalah kito basamo sacaro keseluruhan. Karano itu
pulo, ambo manolak masalah PP84 ko indak buliah dibaokan kalua, walaupun untuak
skala Banuhampu sekalipun. Karano masalahnyo adolah masalah basamo sacara
banagari, bakacamatan, bakabupaten, baprovinsi, dan banegara. Masalah PP84 ko
harus dibicarokan sacaro terbuka dan dengan
 niat yang baik dan ikhlas, oleh awak sadonyo.
     Itu sekadar informasi dari ambo, Mak Ngah. Tarimo kasih. Sekaligus
penjelasan dari ambo untuak sia sajo secaro terbuka dan dengan niat ikhlas
dalam mambangun bangso dan nagari sacaro basamo-samo.
     Salam ambo, termasuk kawan2 di Imsa nan sabanta lai ka ba Muktamar di
nagari Mak Ngah. Kenangan pernah sato bamubes IMSA di Atlanta, th 2003, katiko
pernah bamukim sakatiko di Ann Arbor, Michigan (Univ of Michigan), nggak pernah
bisa ambo lupokan.