Uda Tan Ameh, Dt. Aziz dan Dunsanak Sadonyo.

Haha, tapanciang jo ambo dek Uda Tan Ameh untuak masuak ka content "Agam vs.
Bukittinggi" ko. Sabalunnyo ambo bausao "di lua2".

Begini, Da.

Tentang Agam vs Bukittinggi ini memamang merupakan special case dalam
penataan daerah. Ini sangat berbeda dengan lebih dari 300 kasus lain tentang
"sengketa perbatasan" yang terjadi setelah pemekaran daerah.

Yang sekarang adalah, PP nya ada, tetapi tidak dipatuhi (apapun alasannya)

Pilihannya adalah PP tersebut dipaksakan pelaksanaannya, atau PP nya
dicabut.

Kalau pilihan pertama kan sudah jelas tidak mungkin (bukitnya, sudah 11
tahun tidak bisa terlaksana).

Untuk pencabutan?
Kan secara de jure kan PP itu sudah berlaku. Jadi kalau mau mencabut
"seilah" ini berarti merupakan pembentukan daerah baru.

Artinya, itu dengan menggunakan mekanisme yang diatur dalam PP 78 tahun 2007
tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Daerah.

Cuma saja, saya yakin prosesnya lebih sederhana dan singkat (dengan asumsi
memeng semuanya bersepakat ini dicabut) dibandingkan pembentukan daerah yang
benar2 baru.Penyebabnya, karena baik Pemprov maupun Pemerintah (pusat)
tentunya sudah punya informasi yang cukup tentang ini.

Utuak Dt Aziz, setahu ambo (maliek di daftar nagari nan ado), Kecamatan* IV
Angkek Canduang* dengan *KEcamatan Canduang* itu memang berbeda. Yang
disebut dalam PP itu adalah yang Kecamatan IV Canduang.

Tentang nagari vs desa, itu ga masalah. PP tidak harus diubah hanya karena
itu

Riri
48/L/bekasi