Untuk memancing tentu dengan umpan, tetapi sebagai pemancing yg sudah tahu peta
kawasan dan umpan apa yg akan dipakai, tentu tahu dan bisa diperkirakan berapa
pengeluaran dan pemasukan dan target yg akan dicapai, selain itu tentunya ada
target2 lain seperti  kunjunganan wisata dan promosi, baik utk jangka pendek
maupun jangka menengah dan panjang.

Dan, komfirmasi dari panitia, ratusan tamu dari Malaysia akan datang dan akan
membuang ringgitnya di Sawahlunto, serta beberapa stasiun TV merekapun akan
meliput dan ini tentunya atas biaya mereka sendiri, ini merupakan bias dari
kegiatan ini utk jangka pendeknya. untk jangka panjang, karena ini akan diplot
menjadi agenda tahunan, tentunya biaya yg akan dipakai tentu semakin berkurang
tiap tahunnya seiring tertariknya para pihak sponsor utk berpartisipasi dan ini
akan bergulir terus (saya tidak tahu kalo walikota setelah Bp Amran, karena
beliau menjabat sampai 2013). Selain itu tentunya para calon wisatawan dari
luar
negeripun akan mengatur jadwal mereka jauh hari setelah tahu bahwa kegiatan ini
merupakan kegiatan reguler tahunan, tentu panitia juga jauh hari akan
mengumumkan. dan sebagai pribadi, saya sangat banyak menerima telp dari para
sahabat menanyakan kegiatan ini. Utk tahap pertama, respon dari para penanya
meisyaratkan bahwa kegiatan ini sudah muali banyak dikehaui oleh khalayak ramai.
Mengenai APBD, tentu sebagai sebuah kota yg nyaris mati karena dahulu sangat
berharap dari tambang batubara dan kandungan batubara sudah habis (tambang
terbuka), tentu kota sawahlunto harus berani memulai. Jualan wisata merupakan
mainan baru dan tidak mungkin swasta berani utk terjun didalam bisnis ini tampa
dimulai oleh pemerintah daerahnya. dan saat ini setelah sekian tahun
berinvestasi, pihak swasta sudah mulai mencium rupiah di bisnis wisata ini,
terlihat sudah ada pihak yg mencoba membangun Dream line di kawasan kandis. Dan
yg paling menyolok adalah kehidupan pasar remaja, dahulu jam 7 malam kota sudah
seperti kota mati (penuturan walikota kepada saya, karena saya saat itu blom
pernah ke sawahlunto) tetapi sekarang jam 12 malampun masih ada yg jualan dan
uang masiih laku di Sawahlunto pada jam tersebut.
Utk EO dan Promotor, saya rasa beberapa tahun kedepan ini sudah bia
dilaksanakan. Biasanya kalo EO/promotor mereka profit oriented, bila pasar
bagus
tntu mereka bersemangat apalagi dibantu beberapa fasilitas
kemudahan...........................mudah2an tahun depan atau dua tahun lagi
itu
bisa terlaksana. Kalo itu terlaksana, kita bisa lebih hebat dari SOLO dan Jogja
utk pestival tahunannya, karena mereka juga masih bergantung dari APBD kecuali
Jember fasion carnaval, ini murni dari JFC

Mungkin sagitu sagetek dari ambo, dan mauskan iko sangat banguno dan
tarimokasih
Ajo Duta dan iko masukan akan ambo cata dan ambo sampaikan

Nanang, jkt