*Inilah dasar alasan saya pulang kekampuang di tahun 2006 menebus kembali
tanah2 yang tergadai dan kini menyelesaikan rumah yang belum selesai.
Membenahi  parak yang terlantar. Dan ini tidak mudah bila dilakukan dari
balik bumi. Sebagai mamak angkatan diri sendiri,  saya sudah bertekad penuh
selagi saya hidup saya akan menjadi satpam dan memastikan tidak satu incipun
tanah akan terjual, tergadai atau hilang.
*
Dunsanak di palanta nan ambo hormati.

Ambo memahami cerita angku Zulkarnain Kahar iko dalam konteks dasar
munculnya istilah "*tanah air*"

Mungkin kitalah salah satu sukubangsa yang benar benar menghayati adanya
"tanah air" dalam aplikasi kehidupan yang lebih luas.

*Nagariku (kaum, suku), negaraku
Negaraku, nagariku*

Tumpahan (perasaan/mirip dalam skala lebih kecil) pernah ambo komunikasikan
dengan salah seorang warga palanta ini yang orangnya belum pernah bertatap
muka langsung dengannya.

Salam takzim ambo untuak angku Zulkarnain Kahar, semoga di suatu waktu kita
bisa berjumpa karena kita memiliki perasaan yang sama terhadap tanah dan air
warisan nenek moyang kita yang nilainya (bagi kita) sama dengan darah yang
mengalir di tubuh kita.

Salam

Abraham Ilyas lk, 65th
www.nagari.org