Pak Saaf, Nofend, dan Dunsanak Sadonyo.

Numpak bapandapek ciek :)

Kalau manuruik ambo, "Ukuran" footer itu bukan tergantung panjang
pendeknya, rapi- tidaknya, pakai garis atau tidak pakai garis, tetapi:
Seberapa jauh footer itu "dibaca, dipahami, dan diikuti". Jadi yang
lebih penting adalah efektifitasnya.

Saya coba memperhatikan 2 butir  yang DILARANG: 1. E-mail besar dari
200KB; 2. E-mail attachment, tawarkan di sini & kirim melalui jalur
pribadi.

CMIIW, menurut pemahaman saya, itu adalah 2 butir yang berdiri
sendiri2. Nomor 1 adalah tentang besar email, nomor 2 adalah tentang
attachment. Artinya, email 300 KB tanpa attachment dilarang. Artinya
lagi, attachment, walaupun cuma 50 KB dilarang. (Itu pemahaman saya,
CMIIW).

Tapi nampaknyo ado dunsanak nan berpemahaman lain dari ambo,
mengartikan bahwa "attachment boleh asal tidak melebihi 200 KB".
Sehingga, akhir tahun kapatang itu ado salah satu dunsanak awak nan
"mengkritik" dunsanak lain dengan cara memperkecil ukuran file foto
yang dikirim dunsanak sebelumnya :)

Mana yang sebenarnya dimaksudkan oleh Rang Dapua?

Itu kejadian kemaren2.

Kalau belakangan ini malah beberapa kali kiriman dari Palanta yang
membawa attachment, dengan ukuran lebih dari 200 KB. Misalnya, pagi
ini ada gambar. 400KB. Beberapa hari yang lalu ada peta hampir 500
KB.

Bahkan ada juga file ".pdf (tentang kaos RN) dengan ukuran 2MB.

Dari dulupun ada pelanggaran seperti itu, bahkan sayapun pernah
"kesasar" mengirim file 4MB lebih. Tapi kalau dulu itu kejadiannya
jarang.

Kalau sekarang sepertinya tidak jarang lagi,

Nah, kalau memang demikian halnya, perlu juga dipertimbangkan apakah
(1) aturan itu sudah cocok lagi; atau (2) aturannya masih cocok, tapi
perlu diingatkan secara terus menerus.

Kalau masalahnya di nomor (2), artinya bukan tidak mungkin cara
sosialisasi - misalnya melalui footer - itu yang kurang tepat. Dengan
kata lain - jika masih mau memakai footer - mungkin perlu
dipertimbangkan format nya. Mungkin perlu dipertimbangkan usulan pak
Saaf (kebetulan saya sependapat), bahwa footer sekarang terlalu
panjang, membuat saya malas membacanya :(

Maaf kalau kurang berkenan

Riri
48/L/bekasi