From: Ephi Lintau <ephi.lin...@gmail.com>
Sender: rantaunet@googlegroups.com
Date: Thu, 10 Feb 2011 07:59:45
To: <rantaunet@googlegroups.com>
Subject: Re: [R@ntau-Net]INFO KADAR KOLESTROL MAKANAN...

sumber :
http://fairuzelsaid.wordpress.com/2010/02/19/daftartabel-kandungan-kolesterol-bahan-makanan/

Sudah banyak orang mengetahui bahwa tinggi ingginya kadar kolestrol
dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit, seperti:
hipertensi,  jantung koroner dan stroke.

Namun perlu diketahui pula tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi
tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL (Low Density
Lipoprotein) saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL
(High Density Lipoprotein) merupakan kolestrol yang dapat melarutkan
kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh
adalah 160-200 mg. Kolesterol merupakan bagian dari lemak (lipid) yang
sebagian besar diproduksi dalam tubuh tepatnya di hati (sekitar 70%)
dan sisanya berasal dari makanan atau diet. ebenarnya kolesterol
merupakan unsur yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika kadarnya
berlebihan di dalam tubuh akan menyebabkan berbagai penyakit.
Langkah-langkah berikut ini diketahui dapat mengendalikan kadar
kolesterol dalam darah.

Umumnya dokter menyarankan agar kadar kolesterol total seseorang
berada di bawah 200 mg/dL, dengan kadar LDL (kolesterol jahat) di
bawah angka 130, dan HDL (kolesterol baik) berada di atas angka 40.
HDL sering disebut ‘kolestrol baik’ sangat bagus bagi tubuh kita
karena dapat mengurangi resiko serangan jantung.

Tabel Kandungan Kolesterol dari per 10 gr bahan makanan
No.     Nama    Kandungan       Kategori
1       Putih telur ayam        0       Sehat
2       Teripang (haisom        0       Sehat
3       Ubur-ubur       0       Sehat
4       Susu sapi tanpa lemak (nonfat)  0       Sehat
5       Daging ayam pilihan tanpa kulit         50      Sehat
6       Daging bebek pilihan tanpa kulit        50      Sehat
7       Ikan sungai biasa       55      Sehat
8       Daging sapi pilihan tanpa lemak         60      Sehat
9       Dagin babi pilihan tanpa lemak  60      Sehat
10      Daging kelinci  65      Sehat
11      Daging kambing tanpa lemak      70      Sehat
12      Ikan ekor kuning        85      Sehat
13      Daging asap     98      Sekali-sekali
14      Iga sapi        100     Sekali-sekali
15      Iga babi        105     Haram
16      Daging sapi     105     Sekali-sekali
17      Burung dara     110     Sekali-sekali
18      Ikan bawal      120     Sekali-sekali
19      Daging sapi berlemak    125     Sekali-sekali
20      Lemak sapi      130     Sekali-sekali
21      Lemak kambing   130     Sekali-sekali
22      Daging babi berlemak    130     Sekali-sekali
23      Keju    140     Hati-hati
24      Sosis daging    150     Hati-hati
25      Kepiting        150     Hati-hati
26      Udang   160     Hati-hati
27      Kerang/siput    160     Hati-hati
28      Belut   185     Hati-hati
29      Santan Kelapa   185     Hati-hati
30      Lemak babi      200     Berbahaya
31      Susu sapi       250     Berbahaya
32      Susu sapi krim  280     Berbahaya
33      Coklat (cacao)  290     Berbahaya
34      Mentega/margarine       300     Berbahaya
35      Jeroan sapi     380     Berbahaya
36      Jeroan babi     420     Berbahaya
37      Kerang putih/remis/tiram        450     Berbahaya
38      Telur ayam      500     Berbahaya
39      Jeroan kambing  610     Berbahaya
40      Cumi-cumi       1.170   Dilarang
41      Kuning telur ayam       2.000   Dilarang
42      Otak sapi       2.300   Dilarang
43      Otak babi       3.100   Haram
44      Telur burung puyuh      3.640   Dilarang

Sumber: Singapore General Hospital

Orang sering terfokus pada jumlah total kolestreol dan jumlah LDL,
tetapi mengesampingkan jumlah HDL yang merupakan kolesterol baik dan
berfungsi seperti sapu untuk membersihkan kelebihan kolesterol jahat
(LDL) dari saluran/pembuluh darah. Pada beberapa kasus yang dialami
kolegaku yang “bersahabat” dengan problem jantung, mereka mempunyai
total kolesterol rendah, namun HDL juga rendah.

Kadar kolesterol menurut National Cholesterol Education Program adalah:
•    Total kolesterol kurang dari 200 mg/dL
•    Kadar kolesterol HDL lebih dari 40 mg/dL
•    Kadar kolesterol LDL kurang dari 100 mg/dL
•    Kadar trigliserida kurang dari 150 mg/dL.

Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan kadar HDL sebagai berikut:
Pasang target

Kadar kolesterol diukur dalam satuan miligram (mg) kolesterol per
desiliter (dL) darah. Sebagian besar orang harus mencapai kadar 60
mg/dL atau lebih. Jika di bawah 40 mg/dL akan meningkatkan risiko
penyakit jantung. Pada pria, kadar kolesterol HDL rata-rata berkisar
40-50 mg/dL. Berterimakasihlah pada hormon wanita yang memberikan efek
positif pada kolesterol HDL, Rata-rata wanita bervariasi, dengan
kolesterol HDL berkisar 50 to 60 mg/dL. Namun, baik pria dan wanita
akan lebih baik jika menaikkan rata-rata tersebut. Aku pernah
mempunyai skor HDL 90, tetapi sampai sekarang masih berkisar 60-70.

Berikut beberapa tips untuk mengontrol kelebihan kolesterol.
Banyak mengkonsumsi makanan kaya serat .

Makanan kaya serat ini bisa diperoleh dari sayur-sayuran dan
buah-buahan. Serat yang ada dalam makanan kita akan membuang kelebihan
kolesterol bersamanya dalam tinja. Alpukat banyak mengandung lemak,
tetapi lemak yang ada adalah lemak baik, sehingga tidak perlu
dihindari.
Memilih susu rendah lemak.

Tubuh kita sudah memproduksi 70-80% kebutuhan kolesterol, sehingga
kita hanya butuh sedikit (20-30%) kolestarol dalam makanan dan minuman
kita. Sehingga kita hanya butuh mengkonsumsi kolesterol tidak lebih
dari 200 mg/hari.
berolahraga secara teratur

Latihan beban merupakan salah satu cara meningkatkan HDL yang efektif.
Tetapi ada penelitian juga yang menyebutkan aerobik juga bagus untuk
meningkatkan HDL. Disebutkan  aerobik yang rutin dapat meningkatkan
kadar kolesterol HDL 3-9%. Lakukanlah aerobik sedikitnya 30-60 menit
sesering mungkin setiap minggu. Sebaiknya, olahraga setiap hari atau
joging setiap hari, naik sepeda atau berenang. Jika tidak bisa
melakukan olahraga dalam satu waktu khusus, maka anda dapat
melakukannya dalam beberapa waktu dalam satu hari. Yang tinggal di
Yogya bisa sekalian  ikut mensukseskan program pak walikota untuk ber
“sego segawe” atau B2W bahasa keren orang-orang metropolitan.
Memilih lemak yang baik.

Diet yang sehat meliputi beberapa lemak, namun ada batasannya. Diet
yang sehat bagi jantung, 25-35% dari total kalori harian berasal dari
lemak, tetapi lemak jenuh sebaiknya dihitung kurang dari 7% dari total
kalori harian. Hindari makanan yang mengandung lemak trans, yang dapat
meningkatkan kolesterol LDL dan menurunkan HDL. Misalnya, margarin,
produk roti, dan semua yang mengandung minyak sayur terhidrogenasi
sebagian (partially hydrogenated vegetable oil). Lemak tak jenuh
tunggal(Monounsaturated fat) ditemukan dalam zaitun, minyak kacang &
canola yang lebih sehat dan meningkatkan HDL. Kacang-kacangan, ikan,
dan makanan lain yang mengandung asam lemak omega-3 merupakan pilihan
yang baik.
Mempertahankan berat badan ideal

Berat badan dapat mempengaruhi kadar kolesterol. Tapi ada kabar bagus,
jika anda kelebihan berat badan, bahkan kehilangan beberapa pon saja
dapat meningkatkan kadar HDL anda. Setiap kehilangan 1 kg (2 pon), HDL
anda dapat bertambah 0.35 mg/dL dan kurang lebih 1 mg/dL untuk setiap
3 kg (6 pon). Untuk mempertahankan berat badan anda dalam kisaran yang
sehat, fokuslah pada perubahan pola makan dan berolahraga. Motivasikan
diri anda dengan mengingat manfaat dengan menurunkan berat badan,
seperti jantung yang lebih sehat, lebih berenergi, dan kekebalan tubuh
meningkat.
Memilih ikan daripada daging

Ikan lebih banyak kandungan protein dan omega yang dibutuhkan tubuh
untuk melakukan pembakaran lemak, sedangkan daging lebih banyak
kandungan lemaknya. Variasikan menu masakan ikan, sehingga bisa
menjadi lauk yang menaik sebagaimana gasing sapi maupun ayam.
Berhenti merokok

Merokok menurunkan kolesterol HDL dan meningkatkan kecenderungan darah
anda menggumpal. Bila anda perokok, berhentilah. Agar berhasil, anda
dapat mencoba lebih dari satu strategi pada waktu yang bersamaan.
Misalnya, kombinasikan pengobatan untuk menurunkan efek nikotin dengan
kelompok pendukung atau konseling. Bicarakan dengan dokter anda
mengenai pilihan yang dapat digunakan untuk berhenti.
Menghindari minuman alkohol.

Dalam beberapa studi, konsumsi alkohol yang bijak(terutama anggur
merah) berkaitan dengan meningkatnya kadar kolesterol HDL. Namun,
manfaatnya tidak terlalu besar untuk dapat direkomendasikan pada orang
yang bukan peminum. Jika anda memilih untuk meminum alkohol maka
lakukanlah secara bijaksana. Artinya tidak lebih dari satu gelas
sehari untuk wanita dan satu sampai dua gelas sehari untuk pria.
Menambah suplemen alami dari makanan

Menambah suplemen alami dari makanan,antara lain asam lemak omega 3
(didapat dari ikan), omega 6 (di dapat dari kedelai, jagung), omega 9
(minyak zaitun satu sendok per hari, alpukat dan kacang rebus).
Mengkonsumsi fitosterol

Fitosterol bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Agar
lebih optimal penyerapannya, bahan pembawa fitosterol harus susu.

Untuk menurunkan kadar LDL, Anda harus mengurangi asupan lemak jenuh.
Lemak jenuh biasanya ditemukan di produk hewani, misalnya daging,
susu, krim, mentega, dan keju. Ada juga lemak jenuh yang berasal dari
nabati misalnya santan, minyak kelapa, dan lemak nabati.

Namun banyak juga makanan yang mengandung lemak tidak jenuh sehingga
sangat efektif menurunkan kadar kolesterol.

1. Kacang kedelai

Kacang kedelai dan turunannya, alias kedelai yang sudah diolah
misalnya menjadi tahu, tempe, susu kedelai, dan tepung kedelai
mengandung isoflavon, yaitu zat yang bisa menekan LDL.

Tapi ingat, meski nikmat tahu dan tempe bisa tidak efektif menurunkan
kolesterol bila diolah dengan sembarangan. Misalnya, digoreng dengan
minyak jelantah atau dicampur santan. Sebab, santan dan minyak goreng
adalah sumber lemak jenuh.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menganjurkan
untuk mengonsumsi sedikitnya 25 gram protein kedelai per hari untuk
menurunkan kadar kolesterol.

2. Kacang-kacangan

Kacang adalah sumber serat larut yang sangat tinggi. Mengonsumsi serat
larut bisa mengurangi kolesterol. Mengonsumsi kacang seperti buncis,
kacang merah, kacang panjang secara teratur selama enam minggu bisa
mengurangi kadar kolesterol sebanyak 10%.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon sangat baik karena mengandung asam Omega-3 yang bisa
menurunkan LDL dan trigiserilda serta meningkatkan HDL. Salmon
mengandung EPA dan DHA yang baik untuk kesehatan jantung.

The American Heart Association merekomendasi paling tidak dua porsi
per minggu untuk mendapatkan manfaat maksimal. Selain salmon, ikan
tuna, trout, sarden, makerel, dan hering juga baik.

4. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tidak jenuh yang bisa meningkatkan level
HDL. Sayangnya, alpukat tinggi kalori, sehingga harus dikombinasikan
dengan sayur-sayuran yang bisa menekan kalori.

Satu buah alpukat berukuran sedang mengandung 300 kalori dan 30 gram
lemak tidak jenuh sedangkan kebutuhan tubuh manusia normal adalah
1.800 kalori dan 30 gram lemak tidak jenuh per harinya.

5. Bawang Putih

Sejak ribuan tahun lalu, bawang putih sudah dipercaya mengandung
banyak zat yang baik untuk kesehatan manusia. Bangsa Mesir Kuno
memakai bawang putih untuk meningkatkan stamina.

Di masa modern, bawang putih dipakai untuk menurunkan kolesterol,
mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi
tubuh dari infeksi.

Hasil penemuan paling mutakhir, bawang putih bisa mencegah partikel
kolesterol menempel di dinding pembuluh darah.

6. Bayam

Bayam mengandung banyak lutein. Lutein adalah zat penting yang bisa
menjaga kesehatan dan ketajaman fungsi mata. Lutein juga ternyata bisa
menjaga kesehatan jantung karena bisa mencegah lemak menempel di
pembuluh darah. Dianjurkan, memakan bayam setiap hari sekitar setengah
mangkuk untuk hasil maksimal.

7. Margarin

Beberapa jenis margarin bisa menurunkan kadar kolesterol. Misalnya
margarin dari minyak biji bunga kanola

8. Mede, Almon, dan Kenari

Lemak tak jenuh tunggal, di dalam kacang mede, almon, dan kenari
adalah bahan makanan rendah lemak yang baik untuk kesehatan jantung.

Kacang-kacangan itu juga mengandung vitamin E, magnesium, dan
phytochemical yang terkait erat dengan kesehatan jantung. Sayangnya,
seperti alpukat, kacang-kacang ini sangat tinggi protein. Jadi, jangan
rakus makan kacang agar manfaatnya benar-benar maksimal.

9. Teh

Teh, mau diminum dingin atau panas, sama saja manfaatnya. Teh
mengandung antioksidan yang bisa membuat pembuluh darah rileks
sehingga terhindar dari pembekuan darah.

Antioksidan di dalam teh, yaitu flavonoid bisa mencegah oksidasi yang
menyebabkan LDL menumpuk di pembuluh darah. Menikmati segelas teh
setiap hari bisa memenuhi kebutuhan antioksidan.

10. Cokelat

Cokelat ternyata sehat. Tentu saja, cokelat yang dicampur terlalu
banyak susu mengandung terlalu banyak lemak. Jadi, pilihlah cokelat
hitam atau pahit. Cokelat sehat karena mengandung banyak antioksidan
dan flavanoid. Cokelat putih, tidak mengandung zat itu sehingga kurang
sehat dikonsumsi.

=========== Salam Hormat ==========
Yuhefizar a.k.a Ephi Lintau
e-Learning | e-Literacy | e-Business