Sharing Pendapat:

I. DASAR PERINTAH:
Adalah di perintahkan Allah dalam Al Qur'an supaya wanita muslim menutup
auratnya darai pandangan lelaki yang bukan mahramnya. Yaitu dengan memanjangkan
hijab pada tubuhnya, kecuali muka dan telapak tangan, (orang Arab juga menutup
mukanya dengan cadar).

II. Masalah Mode
Pada saat tahun lima puluhan s/d tujuhpuluhan (menyimak diskusi Palanta), masih
jarang wanita Muslim Indonesia mengenakan jilbab (nama pakaian yang menutup
tubuh dengan selendang yang dililitkan di kepala), ada dua kemungkinan:

II.a) Masih belum menyentuh hati Larangan dalam Al ur'an itu, karena mungkin
ustadz tidak atau jarang memberi nasihatnya pada wanita muslim atau melalui
lelaki mereka.

IIb) Belum ada mode jilbab yang menarik, modis, cantik, dan disukai wanita.
Karena wanita pada dasar fitrahnya menyukai kecantikan, keanggunan, kerapian,
melalui penampilannya.
Namun kita akui, bahwa penampilan murid wanita Diniyah Putri Padangpanjang
memang cantik dan menarik dengan Jilbab Putihnya yang anggun itu.

IIc) Pada jaman sekarang, semua yang diatas kelihatannya telah memegang
perannya, baik kesadaran akan melaksanakan perintah Allah, dan juga telah
terpenuhinya keinginan tampil cantik bagi wanita. Dapat kita lihat sekarang ini
toko pakaian menjual berbagai rupa dan mode jilbab yang memang menarik
dipandang mata. Sekarang malahan bagi wanita itu, penampilan dengan jilbab jauh
lebih menarik dari pada dengan rambut telanjang, karena mereka tetap tampil
dengan baju yang mengikuti mode, terus rambut ditutup dengan selendang yang
dililitkan atau yang telah jadi siap dipakai, apa yang disebut dengan jilbab di
Indonesia.

Kita akui itu,dibarengi dengan harapan kita, bahwa dua parameter diatas yakni;
keimanan dan modis telah memenuhi selera wanita muslim, sehingga mereka
terhindar daro perbuatan dosa, dan masih menarik sesuai kodrat kewanitaannya.

Demikian sharing pendapat, kalau tidak berkenan dipersilahkan di delete saja.

wassalam

--- Pada Kam, 10/3/11, Dr Saafroedin Bahar <saafroedin.ba...@rantaunet.org>