Rky. Hanifah nan ambo hormati.

Izinkanlah ambo mancopas sajo dari angku DAN. untuak manjaweknyo permintaan
ibu dosen tsb:

..........Saya juga tadinya minta tulisan saya tidak usah masuk, karena
berada diluar kategori yang 'dianjurkan". Tapi oleh sanak Andiko
(penyunting) mengatakan akan ada dua seri, Fakta dan Nukilan sejarah dan
satunya lagi berdasarkan "imajinasi sastra" .

.......Saya memahami "kesedihan adinda", sama dengan perasaan saya, namun
sebagai "kakak" ijinkan saya "merayu adinda" untuk tetap di barisan kedua
kita berada.

Lalu ambo mengutip baliak dari: http://www.nagari.or.id/?moda=menang/ sbb.

*Ini syair tentang PRRI
Di Indonesia peristiwa terjadi
Vox Populi Vox Dei
Perjuangan menegakkan demokrasi

Kisah ditulis berbentuk syair
Diisi data yang mungkin sumir
Boleh diartikan berbeda tafsir
Karena manusia bebas berpikir

Kaba dan syair budaya kita
Gunanya mengisi ranah Rasa
Bukannya dongeng tanpa fakta
Ataupun bualan yang bersifat dusta

Agar manusia menjadi orang
Rasa dan Periksa harus seimbang
Itulah inti adat Minang
Kualitas kuantitas jangan kurang

Syair berbeda dengan sejarah
Sejarah dikarang sarjana berijazah
Gurindam syair penghilang susah
Kalimatnya ada yang bagarah garah

Puji dan syukur untuk Ilahi Rabbi
Salawat dan salam kepada nabi
Kita ucapkan setiap hari
Agar selamat di akhirat nanti

Maaf diminta kepada yang ahli
Kalau salah menulis nanti
Itulah kekurangan diri kami
Para penulis syair ini*

Catatan: manuruik ambo, syair adalah salah satu saja dari bermacam cara
manulih.
Mungkin kini urang suko manyabuik puisi.

Salam

Abraham Ilyas lk. 65