waalaikumsalam wr wb,

pak Wannofri Samry sarato angku, mamak, bundo jo adi dunsanak sapalanta RN nan
ambo muliakan,

Nan salamo ko ambo pahami mengenai pendidikan adalah sarana untuk merubah pola
pikir seseorang ataupun kelompok masyarakat, baik secara formal maupun informal.

Mungkin bisa di lihat pada http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan,

Pendidikanadalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan  suasana belajardan
proses pembelajaranagar peserta  didiksecara aktif mengembangkan potensi
dirinya
untuk memiliki  kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan
masyarakat.

Mengenai memperbanyak sertifikat (mungkin ijazah yang pak WNS maksud) saya kira
lebih condong ditanyakan kepada universitas/institut yang membuka lembaga
pendidikan sabtu minggu kebut seminggu yang banyak diikuti oleh masyarakat
kita,
terutama PNS di provinsi maupun di kabupaten & kota. Dimana mereka mengikuti
perkuliahan di lembaga perguruan tinggi mantun selama 2 hari dalam sepekan,
yaitu hari minggu & sabtu dari pagi hingga malam hari.

Saya kira UT seperti universitas umumnya, yang menjadi perbedaan adalah sistem
tatap muka digantikan dengan modul-modul dimana mahasiswa lebih mandiri dari
pada sistem pendidikan tinggi reguler lainnya.

Mungkin bisa ditinjau lebih jauh lagi pada link dibawah ini,
http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_terbuka
http://www.ut.ac.id/

wasalam

AZ/lk/33th
kantor pemerintahan nagari Tanjuang
kec. Sungayang, Tanah Datar

Universitas TerbukaUniversitas Terbukaadalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN)
ke-45
di  Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem
belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan  pemerataan
kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua  warga negara
Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah-daerah  terpencil, baik di
seluruh nusantara maupun di berbagai belahan dunia.

Tanpa memandang kondisi mahasiswa, sistem belajar terbuka dan jarak  jauh yang
diterapkan UT membantu pencapain tujuan belajar karena:
        * tidak ada pembatasan jangka waktu penyelesaian studi dan tidak
memberlakukan
sistem drop out;
        * tidak ada pembatasan, baik tahun kelulusan ijazah SLTA maupun umur;
        * waktu pendaftaran (registrasi) leluasa sepanjang tahun;
        * ruang, waktu, dan tempat belajar yang fleksibel sesuai dengan
kondisi
mahasiswa;
        * penggunaan materi belajar multimedia, termasuk bahan belajar cetak
baik yang
dilengkapi dengan kaset audio dan video/CD, CD-ROM, siaran  radio dan TV,
maupun
bahan belajar berbasis komputer dan internet.