Pak Sjamsir Sjarief ditapian ombak nn badabua-santa kuruih n sanak palanta
nn dihormati.

    Cukup menarik posting pak Sjamsir sual Pasaman ko.
    JB pernah ka daerah Pasamanko maantaan sumbangan bareh waktu kajadian gampo
duo tahun nn lalu.Namo daerah no JB kurang ingek,tapi di kaki gunung
Talakmau(Ophir?)
   Sapanjang perjalanan dari Simpang Ampek sampai ka daerah bantuantu,tumbuh
dengan suburnya kelapa sawit nn berhektar-hektar luasnya.
   Manuruik info,pemiliknya adalah para cukong di Padang n Jakarta n Medan.
   Nan menarik perhatian JB adalah para mandor n buruh perkebunan itu hampir
sebagian gadang berasal dari daerah Utara Sumbar nn beragama Kristen.Melayu
alias 'si Padang' ndak amuah jadi buruh( kuli) di perkebunan itu.
   Jadi indak aneh,kalau satiok Minggu pagi sampai siang,bergema lonceng gereja
n kebaktian di daerah perkebunan itu.Dan kini berdirilah gereja2 dengan
megahnya di daerah itu.
   Mayoritas penduduk, tantulah rang Muslim n musajik2 jadi termarjinalkan
disitu.
   Masih untung pak Sjamsir bahwa ada akulturasi kebudayaan antara jenis tari
pasambahan(Minang) jo lagu sinanggar tulo(Batak) nn konon beritanya berjalan
secara 'harmonis' di Pasaman ti.Apo iyyoo!
    Ukatu maantaan sumbangan bareh tu(fakta) dengan info nn JB peroleh tentang
Pasaman;hampia mendekati kebenaran,bahwa syari'at Islam di sana mendapat
tantangan sangat besar dari pihak kristen dari Utara.
      Dulu,daerah Pasaman adalah kawasan Islam,tapi sekarang,masihkah kita bisa
mengklaim seperti tersebut diatas.
      Ooh Pasaman,nasibmu kini
Selamat pagi WIB pak Sjamsir.

     JB,Dt Rajo Jambi,72thn,sk Mandahiliang(bukan batak) di
Padusunasn,Piaman,kini di Bonjer,Jakbar.