Assalamualaikum
mak ngah dan dusanak yang sudah ikut mendi5kusikan yml. Bapak Ilyas karim

Perbincangan pak Ilyas Karim, tidak lain dari ke prihatinan kita terhadap
pejuang 45. Beliau adalah pengibar sang saka merah putih yang diminta oleh
bapak chairul saleh.
Beilau saat itu pelajar sekolah Tarbiah di banten yang selaku pemuda senang
berkumpul di rumah BK dan ibu fatmawati.
Kemudian menjelang detik detik kemerdekaan disuruh dan oleh ibu fatmawati
diserahkan bendera merah putih itu. Hati2 ya dik ..bendera ini jangan sampai
rusak. Silahkan untuk dikibarkan. Saya yang mempersiapkannya, demikian sang ibu
negara itu berkata.
Tahukah mak angah, ilyas karim masih bercelana pendek dalam usia belasan tahun.
Saya seakan larut dalam kisah yang disampakannya itu, betapa semangat pejuang
kala itu. Dalam lidah minang yang totok dia bercerita serta dalam deru nafas
yang terbata bata pula. Nafas sayapun bergemuruh antara marah dan haru atas
kisah dukanya yang tergusur gusur pindah rumah.
Apa yang saya bisa lakukan selain berdoa pada Allah. Ya
Allah ..kenapa ketidak adilan di negeri ini selalu ada? Bukakan mata dan pintu
hati pemimpin negeri ini. Rasanya tak sebanding dengan bintang jasa yang
diperoleh dalam kemegahan seorang isteri pemimpin negeri ini. Apa yang sudah
diperbuat kami belum pernah mendengar apa lagi mengetahui.
Demikian nasib anak bangsa dinegeri ini. Setiap masalah mudah menguap Dan mudah
pula sirna berhembus bersama angin..
Apa kata salah satu anggota dewan yang banyak tidak terhormat? Pak Ilyas ..ini
kartu nama saya ...
Nah lho saya kira dia berkata : " pak ilyas ini kartu atm saya atau ini cek
saya.
Mak angah yang kami saksikan tadi malam dengan kesimpulan bahwa ;
_ ada si lidah padang yang sebenarnya jadi pejuang meski sudah merantau 70
tahun,
_ jangan berharap pada pemimpin negeri ini, marilah kita yang mengangkatnya
sebagai simbol ketokohannya bagi generasi kita.

Mudahan saya tidak lebay jika saya katakan pekik merdeka sudah tidak bermakna.
Perhatian akaita Ini terjadi di hari kemerdekaan pada tanggal Allah
memerintahkan beriqra' .
Kita sudah kehabisan kata untuk berucap dan mudah2an tidak ada yang berdarah
minang jadi para pedebahnya.

Waduuh bulan puasa..bocet deh puasanya.

Maafkan ambo yo mak ngah

Wassalam,

Berjalan kaki Sambil menulis menuju kantor menikmati matahari pagi di kawasan
Puspiptek